Kecelakaan Lalu Lintas DKI Menurun 15 Persen Dalam Sepekan

Kompas.com - 29/12/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas GAS2.orgIlustrasi kecelakaan lalu lintas

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami penurunan 15 persen selama satu pekan, seiring pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2020.

Tahun lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas pada periode sama mencapai 68 kasus. Sedangkan hingga pekan terakhir Desember 2020, turun menjadi 58 kasus.

"Maka bisa dikatakan terjadi penurunan 15 persen," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Ini Alasan Bus Lintas Sumatera Kerap Terlihat Kotor 

McLaren MP4-12C kecelakaan pada Minggu (3/5/2020).KOMPAS.com/Ruly McLaren MP4-12C kecelakaan pada Minggu (3/5/2020).

Sambodo menyebut penurunan angka kecelakaan ini terjadi seiring gencarnya imbauan keselamatan berlalu lintas yang disampaikan lewat berbagai platform media yang bersifat preemtif, prefentif, dan edukasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Beberapa Faktor penyebabnya karena memang imbauan-imbauan yang kami sampaikan ke media, angka menunjukan kegiatan prefentif dan preemtif kami meningkat jauh dibanding 2019," katanya.

Baca juga: Kaca Mobil yang Retak Bisakah Diperbaiki?

Kemudian, selama operasi tahun ini petugas juga tidak melakukan penilangan. Namun, lebih banyak diisi dengan pendekatan yang fokus pada sisi kemanusiaan.

"Selama operasi lilin ini kami tidak melakukan penindakan dengan tilang. Tetapi lebih kepada persuasif, edukasi, preemtif untuk membeirkan edukasi kepada masyarakat terutama menaati aturan lalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.