Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Touring Motor di Akhir Tahun, Jangan Lupakan Hal Ini

Kompas.com - 28/12/2020, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun tak sedikit yang sudah merencanakan berpergian menggunakan sepeda motor. Meski mengasyikkan jangan lupa imbauan berpergian.

Hal pertama ialah tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Ingat untuk selalu mencuci tangan, hindari kerumunan dengan orang banyak, dan memakai masker.

Selain itu jangan lupa beristirahat. Melakukan perjalanan jauh menggunakan motor butuh kondisi fisik yang prima. Badan yang lelah membuat konsentrasi berkurang.

Baca juga: Ini Deretan Mobil dan Motor Bekas Paling Dicari Tahun 2020

Sejumlah pemudik motor melewati jalan raya Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik yang melalui jalur Puncak, Bogor mulai didominasi pemudik motor yang berasal dari wilayah Cianjur, Bandung, Pangandaran dan Tasikmalaya.ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Sejumlah pemudik motor melewati jalan raya Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/6/2018). Memasuki H+3 Lebaran, arus balik yang melalui jalur Puncak, Bogor mulai didominasi pemudik motor yang berasal dari wilayah Cianjur, Bandung, Pangandaran dan Tasikmalaya.

Jaga kesehatan

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, menjaga kesehatan sangat penting. Menjalankan prokes baik sebelum berkendara, saat beristirahat maupun sampai tujuan.

"Para bikers wajib menggunakan riding gear yang tepat untuk dapat menutupi seluruh bagian tubuh seperti menggunakan masker yang ditambahkan buff untuk berkendara sehingga mengurangi resiko terpapar virus," katanya dalam rilis, Senin (28/12/2020).

Lucky mengatakan, dalam berkendara jarak jauh, para bikers juga sangat dianjurkan untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum saat beristirahat.

“Cukupkan waktu istirahat dengan melakukan istirahat setiap dua jam dengan waktu istirahat setidaknya 30 menit," katanya.

"Saat beristirahat tetap menggunakan masker, serta pilihlah tempat yang sepi namun tetap aman dari kejahatan agar terhindar berkerumun dengan pengendara lainnya yang beristirahat,” ujar Lucky.

Baca juga: Tak Sabar, Quartararo Posting Foto Pakai M1 Monster Energy Yamaha

Aden dan Melky Touring MotorKOMPAS.com/Alex Aden dan Melky Touring Motor

Buat Rencana Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, pengendara perlu mengetahui kondisi jalur yang akan dilalui dengan melihat aplikasi peta digital ataupun referensi bacaan yang dapat menambah informasi.

Perencanaan ini menentukan jalur yang akan dilewati, lokasi istirahat dan makan, maupun tempat pembelian bahan bakar.

“Para bikers juga perlu melihat kondisi cuaca di area yang akan dilewati, sehingga dapat memberikan gambaran kondisi selama perjalanan serta perlengkapan apa saja yang perlu dibawa saat berkendara," katanya.

"Hindari berkendara melintasi wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, carilah jalur alternatif lain,” ujar Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com