Banyak yang Belum Tahu, Blind Spot Juga Ada pada Sepeda Motor

Kompas.com - 23/12/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan blind spot atau titik buta saat berkendara selama ini lumrah ditemui pada kendaraan roda empat atau lebih.

Hadirnya pilar-pilar pada kendaraan membuat pengemudi memiliki bidang pandang yang terbatas terhadap kondisi lingkungan sekeliling kendaraan.

Namun, blind spot juga bisa ditemui pada sepeda motor. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, sepeda motor meski tanpa pilar juga punya bidang pandang yang tidak terlihat.

Baca juga: Kemendikbud Apresiasi Program Vokasi AHM

Blind spot itu kan bidang pandang yang tidak terlihat. Kalau di motor ada di bagian belakang kiri dan kanan sepeda motor,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.Stanly/Otomania Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.

Untuk meminimalisir masalah ini produsen sebenarnya sudah mengantisipasi dengan memberikan kaca spion pada setiap motor. Namun spion pun memiliki ruang pandang yang terbatas.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Berkendara Sambil Main Ponsel

“Kaca spion itu bidang pandangnya berjarak sekitar 1 meter dari badan motor. Padahal saat di jalan bisa saja ada kendaraan lain di kiri kanan yang tidak terlihat,” kata Jusri.

Untuk itu yang perlu dilakukan oleh pengendara motor adalah menyempatkan diri menengokkan kepala ke sisi jalan akan digunakan berpindah.

“Perlu diketahui menoleh jadi satu kewajiban berkendara di luar negeri. Kalau tidak menoleh dia bisa tidak dapat SIM walau kaca spion terpasang dengan baik. Ini salah satu antisipasi dalam keselamatan berkendara,” ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.