Jasa Marga Mulai Terapkan Uji Coba Rekayasa Lalin di Tol Jagorawi Besok

Kompas.com - 20/12/2020, 15:46 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan. MAULANA MAHARDHIKASejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola ruas Tol Jagorawi akan menerapkan uji coba rekayasa lalu lintas di lokasi pertemuan pada On Ramp Gerbang Tol Cibubur 2 mulai Senin (21/12/2020) besok.

General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti menyatakan, uji coba dilakukan guna mengurai kepadatan, khususnya jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Adapun waktu pemberlakuannya, berlangsung selama lima hari atau Jumat (25/12/2020). Rekayasa dilaksanakan dengan cara memasang water barrier dari Km 14+500 s.d 13+500 arah Jakarta untuk mensterilkan bahu jalan

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Ini Bedanya Berhenti dan Parkir

Program ganjil genap di Tol Cibubur pada hari pertama berjalan kondusif, Senin (16/4/2018). Dengan adanya program pembatasan kendaraan berdasarkan nomor mobil ini, PT Jasa Marga menargetkan kecepatan mobil di tol ini naik 40 persen. KOMPAS.com/Stanly Ravel Program ganjil genap di Tol Cibubur pada hari pertama berjalan kondusif, Senin (16/4/2018). Dengan adanya program pembatasan kendaraan berdasarkan nomor mobil ini, PT Jasa Marga menargetkan kecepatan mobil di tol ini naik 40 persen.

Kemudian, pada Km 13+400 sampai 13+200 arah Jakarta (setelah Chevron Cibubur sampai Cibubur 2 Satelit untuk kanalisasi Cibubur 2) bakal dipasang traffic cone supaya mengurangi merging.

Lalu menempatkan petugas Mobile Customer Services dan kendaraan bantuan lainnya di sekitar lokasi rekayasa lalu lintas sebagai langkah antisipastif bila terjadi gangguan kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berharap, pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas tersebut dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing dan memperlancar arus," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas dan Pembatasan Parkir di Rest Area Jalan Tol

"Hasil uji coba ini selanjutnya dievaluasi dan diterapkan permanen jika terbukti berhasil mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cibubur arah Jakarta," tambah Wahyu.

Ia melanjutkan, contraflow dari arah Jakarta yang dimulai pada KM 17+200 s.d KM 8+600 juga akan tetap diberlakukan pada Senin (21/12) untuk ikut mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cimanggis arah Jakarta.

"Kepada seluruh pengguna, tetap memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas agar perjalanan tetap nyaman serta aman. Tak lupa, atur kembali waktu perjalanan Anda," tutupnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X