Bawa Barang Terlalu Berat, Motor Bisa Terbalik

Kompas.com - 20/12/2020, 13:01 WIB
Motor terbalik membawa beban berlebih Foto: Tangkapan layar instagram @agoez_bandz4Motor terbalik membawa beban berlebih
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor tidak didesain untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak. Tapi nyatanya, tak jarang justru digunakan untuk muatan yang besar dan berat.

Kasus motor membawa muatan dalam jumlah banyak sudah sering kali terjadi. Bahkan motor kerap dimodifikasi agar mampu membawa barang dalam jumlah banyak.

Baca juga: Kena Macet Saat Liburan, Jangan Ngomel di Depan Anak

Seperti foto yang diunggah akun Instagram @agoez_bandz4. Memperlihatkan motor yang terbalik karena membawa rak atau kabinet tambahan di belakang.

Motor angkut barangFoto: Atmosferku Motor angkut barang

Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, motor yang membawa barang dalam jumlah banyak membuat motor tidak stabil.

“Pengendara akan sulit melakukan manuver saat berkendara di jalan raya, karena beratnya beban kendaraan yang menyebabkan kendaraan sulit dikontrol,” ujar Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 5 Kebiasaan Baru dalam Berkendara Sepeda Motor

Muatan berlebih juga membuat komponen bekerja lebih keras. Salah satunya suspensi, dan jika dilakukan dalam jangka panjang membuat suspensi cepat rusak.

“Ketika motor mengenai lubang, suspensi akan menjadi sulit memantul akibat beban berlebih, sehingga kenyamaanan berkendara akan berkurang. Parahnya, suspensi bisa patah karena hal tersebut,” ujar Agus.

Agus berpesan, setiap pengendara bermotor wajib mematuhi tata cara pemuatan, maupun daya angkut yang telah ditentukan agar dapat terhindar dari risiko kecelakaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X