Kapan Momen Pakai Klakson atau Lampu Dim untuk Komunikasi di Jalan?

Kompas.com - 18/12/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comJalan raya dipenuhi pengemudi dan pengendara motor yang beragam dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Bahkan, sering terjadi konflik antara pengguna jalan karena saling bersenggolan atau gagalnya proses komunikasi sesama pengguna jalan.

Ketika mengemudi di jalan raya, ada dua cara untuk berkomunikasi, yaitu memakai klakson dan lampu di alias high beam. Fungsinya yaitu memberi tahu apa maksud dari setiap kendaraan di jalan raya.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan klakson maupun lampu dim ketika ingin berkomunikasi ke pengguna jalan lain?

Baca juga: Penumpang Bus AKAP Wajib Test Antigen, Jadi Celah buat Travel Gelap

Ilustrasi klaksontribunnews.com Ilustrasi klakson

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, berkomunikasi di jalan raya tergantung dari apa kepentingannya, kapan waktunya dan dengan siapa ditujukannya.

“Kalau malam hari lebih efektif menggunakan lampu. Sedangkan kalau siang hari, gunakan lampu atau klakson tergantung dari kepentingannya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Kepentingan di sini misalnya untuk sekadar mengingatkan, lebih baik pakai lampu. Kecuali di kondisi darurat dan mendesak, bisa menggunakan klakson. Kemudian pikirkan dengan siapa ingin berkomunikasi.

Baca juga: Toyota Kasih Sinyal Produksi Avanza atau Innova Hybrid

“Kalau dengan pengemudi mobil besar, gunakan klakson karena jika memakai lampu, belum tentu terlihat. Sedangkan untuk mobil kecil, lebih baik memakai lampu saja,” kata Sony.

Bagi para pengemudi, ingat juga hal buruk yang bisa terjadi karena cara berkomunikasi yang salah dan berujung konflik. Oleh karena itu, bijaksanalah sebelum berkomunikasi di jalan raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.