Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2020, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, tidak sedikit orang yang berencana untuk bepergian. Ada saja yang ingin melakukan touring naik motor untuk pergi ke luar kota.

Berjalan jauh bersama pengendara motor lainnya memang menyenangkan. Namun kadang ada yang memilih untuk berangkat di malam hari, karena jalan yang sepi dan udaranya yang adem, padahal ada bahaya di balik hal tersebut.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kelebihan saat melakukan touring di malam hari memang kondisi jalan jarang macet, dan udara yang tidak panas. Namun risiko bahayanya lebih tinggi dibanding berangkat saat terang.

Baca juga: 18 Desember, Keluar Masuk Jakarta Wajib Sertakan Hasil Rapid Antigen

Ilustrasi naik motor malam hariIDNtimes Ilustrasi naik motor malam hari

“Selain kondisi jalan yang gelap, tubuh kita juga akan mengantuk. Hal ini disebabkan karena malam hari adalah waktunya istirahat,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Namun jika memaksa untuk berkendara jauh di malam hari, lakukan perencanaan yang matang sebelum berangkat. Sehingga walau touring dilakukan saat malam hari, tetap aman dan nyaman.

“Pertama, atur rute perjalanan dengan baik, pilih yang aman dan tidak rawan. Kedua, tentukan titik pemberhentian untuk mengisi bahan bakar dan beristirahat,” kata Agus.

Baca juga: Akhirnya, DKI Kasih Diskon Pajak Kendaraan Bermotor sampai Akhir Tahun

Kemudian, siapkan peralatan seperti kunci darurat dan suku cadang yang kira-kira dibutuhkan rombongan. Mengingat di malam hari jarang ada bengkel yang buka. Terakhir, pilih petugas touring yang berpengalaman.

“Pentingnya petugas ini untuk mengatur perjalanan dengan baik dan kecepatan dapat menyesuaikan rombongan touring. Jangan lupa kondisi fisik harus fit sebelum berangkat, agar lebih konsentrasi,” ucapnya.

Selain itu, pastikan juga kendaraan dalam kondisi yang baik, mulai dari ban, rem, kelistrikan, rantai, oli, dan sebagainya. Motor yang fit tentunya dapat bekerja maksimal saat digunakan dalam perjalanan panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.