Toyota Mau Bikin Fortuner Bermesin Diesel Hybrid di Karawang?

Kompas.com - 18/12/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi produksi mobil Toyota Fortuner di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat. IstimewaIlustrasi produksi mobil Toyota Fortuner di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Land Cruiser dikabarkan bakal berganti model pada April 2021. Untuk pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir, SUV legendaris ini akan mendapat ubahan yang masif dari sisi eksterior, interior, hingga mesin.

Dilansir dari laman Best Car Web, Land Cruiser dengan kode bodi J300 ini akan mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang dikembangkan dari sasis lama.

Namun, ubahan yang paling mencolok akan datang dari mesin. Dari kabar yang beredar, Toyota bakal mempensiunkan semua jajaran mesin lawas Land Cruiser.

Baca juga: Penumpang Bus AKAP Wajib Test Antigen, Jadi Celah buat Travel Gelap

Ilustrasi Toyota Land Cruiser yang dijual pada 2020.bestcarweb.jp Ilustrasi Toyota Land Cruiser yang dijual pada 2020.

Mulai dari mesin bensin 4.600 cc V8, 5.700 cc V8, termasuk mesin diesel 4.500 cc V8. Sebagai gantinya, disiapkan mesin bensin 3.500 cc V6 versi turbo dan hybrid, serta mesin turbo diesel 3.300 cc.

Kabar terbaru dari laman Carsguide mengungkapkan, mesin bensin dan diesel Land Cruiser J300 bakal mengalami efisiensi besar-besaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khusus untuk mesin diesel, selain kapasitasnya menurun dari 4.500 cc menjadi 3.300 cc. Jumlah silinder pun berkurang drastis, dari V8 menjadi 4-silinder segaris.

Baca juga: Toyota Kasih Sinyal Produksi Avanza atau Innova Hybrid

Ilustrasi Toyota Land CruiserMotor1.com Ilustrasi Toyota Land Cruiser

Carsguide juga melaporkan bahwa mesin yang serba baru ini bakal dipakai juga untuk produk Toyota lainnya, seperti Hilux maupun Fortuner generasi baru.

Tapi yang bikin ramai tentu saja kabar soal teknologi hybrid yang bakal disematkan pada mesin diesel terbaru Land Cruiser.

Teknologi diesel hybrid kemungkinan akan memberikan penghematan bahan bakar lebih baik dan tenaga yang lebih besar.

Baca juga: Kemenhub Resmi Pakai Mobil Listrik buat Kendaraan Dinas

Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.Paultan.org Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.

Namun, emisi gas buang diesel yang lebih berpolusi daripada mesin bensin, membuat teknologi ini kurang diminati di Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.