Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Merawat Mobil di Rumah Saat Libur Nataru 2020

Kompas.com - 17/12/2020, 18:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengimbau seluruh masyarakat tidak melakukan aktivitas perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 di luar rumah, mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kendati demikian, bukan berarti pemilik bisa melepaskan pandangan dari kondisi kendaraan bermotor kesayangannya. Sebab, memastikan mobil dalam kondisi prima ialah penting.

Apalagi, pada periode tersebut terdapat cuti bersama akhir tahun 2020 yang berlangsung selama delapan hari, yakni 24-27 Desember dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.

Baca juga: Kemenhub Resmi Pakai Mobil Listrik buat Kendaraan Dinas

- -

Melalui keterangan tertulis, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya menjelaskan sedikitnya ada lima langkah merawat mobil di rumah saat libur cuti bersama.

"Pertama, tetap melakukan cuci mobil di ruang yang tak langsung terpapar sinar matahari. Hal ini penting supaya tidak ada kotoran yang tertinggal sehingga membuat jamur atau kerak," katanya.

Kemudian cek juga tekanan angin pada ban mobil dan kondisi telapak atau dindingnya. Pastikan udara yang terdapat di sana tetap baik. Jangan lupa mengenai ban cadangan.

Baca juga: Kekhawatiran Orang Bila Pindah ke Motor Listrik

Bengkel resmi Auto2000Foto: Istimewa Bengkel resmi Auto2000

Setelah mobil sudah kering setelah dicuci, pemilik bisa melakukan pemeriksaan oli mesin. Sebagaimana diketahui, oli punya fungsi penting untuk menjaga mesin mobil.

"Segera lakukan pergantian oli mesin jika sudah lewat batas pemakaiannya. Sekalian cek kondisi air radiator, minyak rem, serta aki," ujar Ricky.

Terakhir, periksa kembali kolong mobil karena dikhawatirkan ada rembesan oli atau cairan lainnya yang menetes dari bawah mesin. Lalu, perhatikan pula karet-karet yang ada apakah sudah getas atau belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com