Begini Cara Merawat Mobil di Rumah Saat Libur Nataru 2020

Kompas.com - 17/12/2020, 18:22 WIB
Ilustrasi merawat mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi merawat mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengimbau seluruh masyarakat tidak melakukan aktivitas perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 di luar rumah, mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kendati demikian, bukan berarti pemilik bisa melepaskan pandangan dari kondisi kendaraan bermotor kesayangannya. Sebab, memastikan mobil dalam kondisi prima ialah penting.

Apalagi, pada periode tersebut terdapat cuti bersama akhir tahun 2020 yang berlangsung selama delapan hari, yakni 24-27 Desember dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.

Baca juga: Kemenhub Resmi Pakai Mobil Listrik buat Kendaraan Dinas

- -

Melalui keterangan tertulis, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya menjelaskan sedikitnya ada lima langkah merawat mobil di rumah saat libur cuti bersama.

"Pertama, tetap melakukan cuci mobil di ruang yang tak langsung terpapar sinar matahari. Hal ini penting supaya tidak ada kotoran yang tertinggal sehingga membuat jamur atau kerak," katanya.

Kemudian cek juga tekanan angin pada ban mobil dan kondisi telapak atau dindingnya. Pastikan udara yang terdapat di sana tetap baik. Jangan lupa mengenai ban cadangan.

Baca juga: Kekhawatiran Orang Bila Pindah ke Motor Listrik

Bengkel resmi Auto2000Foto: Istimewa Bengkel resmi Auto2000

Setelah mobil sudah kering setelah dicuci, pemilik bisa melakukan pemeriksaan oli mesin. Sebagaimana diketahui, oli punya fungsi penting untuk menjaga mesin mobil.

"Segera lakukan pergantian oli mesin jika sudah lewat batas pemakaiannya. Sekalian cek kondisi air radiator, minyak rem, serta aki," ujar Ricky.

Terakhir, periksa kembali kolong mobil karena dikhawatirkan ada rembesan oli atau cairan lainnya yang menetes dari bawah mesin. Lalu, perhatikan pula karet-karet yang ada apakah sudah getas atau belum.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X