Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosch Module, Ubah Bengkel Independen Jadi Digital

Kompas.com - 10/12/2020, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi otomotif global menawarkan solusi bagi para pemilik bengkel independen untuk bertransformasi menjadi bengkel digital yang berbasis cloud khusus kendaraan roda empat (mobil).

Solusinya yaitu dengan Bosch Module yang memastikan proses kerja bengkel terintegrasi secara online sehingga pelayanan dan tindakan teknisi terkontrol sehingga operasional berlangsung lebih efektif dan efisien.

Selain itu, kendaraan pelanggan juga dipastikan mendapatkan suku cadang Bosch asli. Bosch Module mencakup pula dukungan teknis yang meliputi pelatihan seputar produk serta pengetahuan otomotif untuk para teknisi bengkel.

Baca juga: Jelang Tutup Tahun, Masih Ada SUV Baru di Bawah Rp 200 Juta

Bosch ModuleBosch Bosch Module

Channel Manager Automotive Aftermarket Division Bosch di Indonesia, Dedy Ismanto mengatakan, bengkel independen memiliki kecakapan menangani kendaraan pelanggan, tanpa batasan merek atau model tertentu.

“Transformasi ke bengkel digital tak hanya mampu meningkatkan manajemen dan operasional bengkel, tetapi juga mendukung implementasi protokol kesehatan Covid-19. Proses administrasi dan pengerjaan kendaraan yang lebih efisien waktu tentunya mengondisikan para pelanggan untuk tidak perlu lagi berlama-lama saat mengunjungi bengkel,” kata Dedy dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (10/12/2020).

Bosch Module mencakup platform Workshop Management System (WSMS) berbasis cloud (diakses melalui browser dan juga aplikasi dalam iPad) yang dirancang untuk mengintegrasikan manajemen pengelolaan seluruh operasional bengkel.

Baca juga: Harga LCGC Bekas di Desember 2020, Brio Rp 80 Jutaan, Calya-Sigra Rp 90 Jutaan

“WSMS juga memfasilitasi proses inventaris suku cadang kendaraan. Pemilik bengkel dan teknisi dapat memantau stok tanpa repot mengecek ke gudang. Bahkan, khusus untuk suku cadang Bosch, proses pemesanannya bisa dilakukan langsung dari WSMS. Kendala ketersediaan komponen tidak lagi perlu lagi dikhawatirkan,” ucap Dedy.

Keuntungan dari WSMS ini bagi pelanggan yaitu menyediakan rekam jejak kondisi kendaraan sehingga akan mempersingkat proses penanganan oleh teknisi bengkel. pelanggan juga bisa mengetahui detail perawatan kendaraannya secara transparan, dengan ringkasan tindakan dan biaya dikirimkan langsung via email.

“Beberapa elemen branding juga ditawarkan saat menggunakan Bosch Module, seperti Bosch Module Signage, seragam untuk teknisi, banner khusus, dan sebagainya,” ucapnya.

Ilustrasi bengkel audioOtomania/Setyo Adi Ilustrasi bengkel audio

Kemudian Bosch Module memberikan Technical Support yang mumpuni sehingga bengkel independen mendapatkan akses dukungan teknis, product training serta sesi pengayaan wawasan otomotif, yang mendukung para teknisi untuk bisa terus menambah keterampilannya.

“Keuntungan lain bagi pemilik bengkel yang mengaplikasikan Bosch Module, mereka otomatis teregistrasi sebagai anggota loyalty program Bosch eXtra dan berkesempatan mendapatkan reward,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com