Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proving Ground Uji Tabrakan Kendaraan di Bekasi Terlengkap di ASEAN

Kompas.com - 10/12/2020, 16:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membangun fasilitas uji kendaraan di Indonesia, termasuk uji tabrak, akan segera terealisasi.

Melalui proyek Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Kemenhub akan membuat fasilitas pengujian terbesar di Asean.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Indonesia adalah salah satu negera yang memproduksi kendaraan paling banyak, pengguna paling banyak, tapi untuk ekspor belum.

"Karenanya kita juga membutuhkan upaya agar faktor dari kelaikan kendaraan bertambah baik, Proving Ground adalah salah satu cara untuk mencapai itu. Kita membuat Proving Ground yang pertama kali di Indonesia dan menjadi terbesar dan terlengkap di ASEAN," ucap Budi dalam webinar yang digelar JakartaPost, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Sebentar Lagi Fasilitas Uji Tabrak di Indonesia Mulai Dibangun

Lebih lanjut Budi menjelaskan, adanya Proving Ground juga menjadi suatu bukti bila Indonesia, terutama dalam sektor kendaraan yang dibuat dalam negeri, nantinya akan lebih baik, laik jalan, serta terjamin dalam hal keamanannya.

Uji Tabrak BMW X1motor1 Uji Tabrak BMW X1

Dengan demikian, nantinya Indonesia tak perlu lagi mengirimkan unit mobil ke luar negeri hanya untuk melakukan pengujian kendaraan saja.

"Kalau itu namanya proving ground, artinya menggunakan satu standar yang dibuat untuk memenuhi standar internasional, yaitu standar Asian MRA. Jadi proyek ini dibutuhkan untuk meyakinkan bahwa layanan di bidang transportasi kita sudah advance dan mempuni," kata Budi.

Budi menjelaskan bila nanti fasilitas Proving Ground yang direncanakan akan mulai dibangun dalam waktu dua tahun ke depan, dan siap beroperasi pada 2024 akan memiliki fasilitas lengkap, baik indoor ataupun outdoor.

Baca juga: Kemenhub Tegaskan Aturan Main Konversi Motor Listrik

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi megatakan, sangat mendukung adanya Proving Ground yang diprakarsai oleh pemerintah, dalam hal ini Kemenhub.

Uji tabrak Global NCAP Honda Mobilio 2016 yang dijual di India. Pada varian dengan dua kantong udara mendapat hasil 3 bintang.Global NCAP Uji tabrak Global NCAP Honda Mobilio 2016 yang dijual di India. Pada varian dengan dua kantong udara mendapat hasil 3 bintang.

"Artinya kita tidak perlu lagi harus menguji ke luar negeri, karena itu sangat-sangat mahal biayanya dan menyita waktu," ujar Nangoi.

"Harapan kami, nantinya bila Proving Ground ini sudah berjalan, mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia saat dieskpor maka mobil itu sudah berstatuskan layak dijual di negara lain tanpa harus tes lagi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com