Toyota Supra Usung Dapur Pacu Tesla, Tenaga Melonjak Drastis

Kompas.com - 06/12/2020, 16:21 WIB
Toyota Supra dengan dapur pacu Tesla Model S autoevolution.comToyota Supra dengan dapur pacu Tesla Model S
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak hanya di pasar mobil baru, tren dapur pacu yang ramah lingkungan ternyata juga menjadi virus di kalangan modifikator. Salah satunya, seperti yang dilakukan bengkel modifikasi Stealth EV yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Autoevolution, bengkel ini menggarap Toyota Supra (A80) dengan dapur pacu mesin listrik milik Tesla Model S P100D.

Beberapa komponen dari Tesla turut disematkan pada Supra. Mulai dari motor listrik, suspensi, lengan suspensi, hingga perangkat rem menggunakan bawaan mobil listrik tersebut.

Baca juga: Cedera Makin Parah, Marc Marquez Salahkan Tim Dokter Awal

Dengan motor listrik bawaan Tesla, mobil ini diklaim memiliki tenaga lebih dari 500 tk. Atau lebih tepatnya mencapai 794 tk dan torsi 1.250 Nm.

Padahal mesin standar Supra, yaitu unit 2JZ-GTE yang legendaris itu hanya sanggup hasilkan tenaga 320 tk dan torsi 427 Nm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan dapur pacu tersebut, akselerasi Supra disebut-sebut bakal sama dengan Model S P100D yang mencatatkan 2,5 detik untuk menempuh 0-100 kpj.

Baca juga: Dijual Mulai Rp 500 Jutaan, Eclipse Cross PHEV Resmi Meluncur

Sementara jarak tempuhnya disebut-sebut dapat mencapai 435 km dengan waktu pengisian sekitar 5 jam.

Selain motor listrik, tentu saja inverter dan baterai lithium-ion 90 kWh dari Model S juga dipakai. Beberapa ditempatkan di bawah kap mesin dan sisanya di bagasi, agar distribusi bobot lebih merata.

Secara tampilan, mobil ini akan mempertahankan bentuk Toyota Supra. Namun sedikit revisi di bagian suspensi dan sub frame untuk menyesuaikan ubahan dapur pacu.

Ubahan yang dilakukan bengkel Stealth EV tentu bisa jadi alternatif bagi modifikator dalam menciptakan mobil-mobil kencang yang relatif lebih cepat dan instan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X