Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Supra Usung Dapur Pacu Tesla, Tenaga Melonjak Drastis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak hanya di pasar mobil baru, tren dapur pacu yang ramah lingkungan ternyata juga menjadi virus di kalangan modifikator. Salah satunya, seperti yang dilakukan bengkel modifikasi Stealth EV yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Autoevolution, bengkel ini menggarap Toyota Supra (A80) dengan dapur pacu mesin listrik milik Tesla Model S P100D.

Beberapa komponen dari Tesla turut disematkan pada Supra. Mulai dari motor listrik, suspensi, lengan suspensi, hingga perangkat rem menggunakan bawaan mobil listrik tersebut.

Padahal mesin standar Supra, yaitu unit 2JZ-GTE yang legendaris itu hanya sanggup hasilkan tenaga 320 tk dan torsi 427 Nm.

Dengan dapur pacu tersebut, akselerasi Supra disebut-sebut bakal sama dengan Model S P100D yang mencatatkan 2,5 detik untuk menempuh 0-100 kpj.

Selain motor listrik, tentu saja inverter dan baterai lithium-ion 90 kWh dari Model S juga dipakai. Beberapa ditempatkan di bawah kap mesin dan sisanya di bagasi, agar distribusi bobot lebih merata.

Secara tampilan, mobil ini akan mempertahankan bentuk Toyota Supra. Namun sedikit revisi di bagian suspensi dan sub frame untuk menyesuaikan ubahan dapur pacu.

Ubahan yang dilakukan bengkel Stealth EV tentu bisa jadi alternatif bagi modifikator dalam menciptakan mobil-mobil kencang yang relatif lebih cepat dan instan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/06/162100815/toyota-supra-usung-dapur-pacu-tesla-tenaga-melonjak-drastis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke