Fogging Kering, Bisa Kurangi Risiko Virus Corona di Kabin Mobil

Kompas.com - 06/12/2020, 11:21 WIB
Ilustrasi Kabin Mobil stanlyIlustrasi Kabin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Interior mobil menjadi salah satu tempat berkembangnya bakteri bahkan virus. Terlebih, jika kondisi di dalam mobil lembab maka potensi adanya bakteri juga lebih besar.

Terutama dalam kondisi pandemi seperti saat ini, dimana penyebaran virus Covid-19 tersebut begitu cepat, sehingga masyarakat dituntut untuk tidak hanya menjaga kebersihan diri tetapi juga kendaraan roda empat milik pribadi.

Oleh sebab itu, kebersihan pada bagian mobil harus tetap terjaga guna menghindari adanya virus yang menempel pada bagian-bagian tertentu.

Baca juga: Plus Minus Run Flat Tire Dibandingkan Ban Mobil Biasa

Pemilik bengkel spesialis AC mobil Premim 99 Muhammad Gunawan mengatakan, ada salah satu treatment yang bisa dilakukan untuk membunuh virus atau bakteri dalam mobil yakni dengan ozon atau fogging kering.

Pria yang akrab disapa Gunawan ini menjelaskan, ozon memiliki efek sterilisasi paling efisiein sehingga secara efektif digunakan untuk membunuh bakteri dan virus hingga 99 persen. Mesin ini juga diklaim bisa membunuh virus dan bakteri pada kabin mobil dalam hitungan menit.

Proses fogging di dalam kabin mobilVertue Concept Proses fogging di dalam kabin mobil

“Cara kerja ozon itu merubah O2 menjadi O3 menggunakan generator. O2 memiliki sifat reaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai sanitizer untuk membasi kuman, bakteri, hingga virus,” ucap Gunawan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Waspadai 3 Masalah Ini

Gunawan menambahkan, treatment ozon sebetulnya memiliki peran yang sama dengan fogging, yaitu untuk mencegah berkembangnya virus, bakteri, jamur dan kuman, hanya saja prosesnya berbeda.

“Kalau fogging terlihat ada kepulan asap dan bisa dirasakan setelahnya, tetapi kalau ozon tidak ada asap atau apapun yang bisa dilihat dengan kasat mata. Itu sebabnya ozon juga disebut dengan fogging kering,” kata Gunawan.

Untuk menikmati treatment ini pemilik mobil hanya cukup mengeluarkan dana Rp 300.000 dengan waktu pengerjaan kurang lebih sekitar 1 jam.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X