Mobil Mandi Hujan, Jangan Lupa Langsung Dicuci

Kompas.com - 06/12/2020, 11:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sejumlah wilayah Indonesia tengah diguyur hujan seiring dengan perubahan cuaca tahunan. Biasanya, pada kondisi tersebut mobil akan jadi lebih cepat kotor terkhusus bagi yang aktif beraktivitas.

Namun, tak jarang pemilik yang malas untuk langsung membersihkan atau mencuci mobil dan membiarkannya selama beberapa hari dengan alasan hemat tenaga serta pengeluaran karena masih musim penghujan.

Padahal jika dibiarkan, bakal ada efek jangka panjang pada bodi mobil. Minimal, cat mobil bakal tak secemerlang dulu sebagaimana dikatakan CEO Makko Group Christopher Sebastian.

Baca juga: Plus Minus Run Flat Tire Dibandingkan Ban Mobil Biasa

Cuci mobil semi manualKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil semi manual

Menurut dia, mobil yang terkena hujan sebaiknya langsung dibersihkan guna menghilangkan kotoran yang menempel di bagian eksterior. Tidak harus dicuci seperti biasanya.

"Asalkan bilasnya merata. Ini dilakukan supaya mencegah timbulnya jamur yang bisa merusak lapisan cat mobil dan kaca karena air hujan mengandung zat asam," kata dia kepada Kompas.com belum lama ini.

“Jadi, sampai di rumah mobil sebaiknya langsung dibilas menggunakan air biasa dan lap sampai benar-benar kering. Jangan biarkan mengering sendiri dan didiamkan dalam waktu berhari-hari,” lanjut Christopher.

Baca juga: Waspada Padat, Pekan Depan Ada Pekerjaan Jembatan di Tol Jagorawi

Hal senada diungkapkan Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi pada kesempatan terpisah. Sebab jika kotoran sudah sulit dihilangkan, maka potensi terjadi baret (saat proses pembersihan) semakin lebar.

“Kalau mobil tidak segera dibersihkan padahal baru saja digunakan saat hujan kotoran bisa saja masuk ke bagian clear coat. Apalagi jika mobil digunakan untuk menerjang genangan air laut atau rob," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.