Tips Aman dan Nyaman Berkendara Motor di Era New Normal

Kompas.com - 03/12/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi berkendara di era new normal IstimewaIlustrasi berkendara di era new normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era new normal, masih banyak pengendara sepeda motor yang mulai menyepelekan masalah pandemi. Tak sedikit yang mulai melupakan pentingnya menggunakan masker saat berkendara.

Memasuki era new normal, banyak yang memilih menggunakan motor daripada kendaraan umum. Sebab, menggunakan kendaraan umum memiliki risiko terpapar Covid-19 lebih besar.

Baca juga: 13 Panduan Tata Cara Berkendara Motor Secara Berkelompok dari IMI

Namun, meskipun mengendarai motor pribadi, penting juga untuk melakukan kebiasaan baru agar tetap dalam keadaan bersih dan meminimalisasi risiko terkena Covid-19.

Ilustrasi berkendara di era new normalIstimewa Ilustrasi berkendara di era new normal

Dalam penerapan kebiasaan baru di era new normal ini, ada beberapa tambahan persiapan yang harus dilakukan oleh pengendara dalam melakukan protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa hal tambahan yang harus digunakan ketika berkendara selain riding gear adalah menggunakan masker ketika berkendara.

"Masker berfungsi sebagai perlindungan pertama dalam menghalau bakteri-bakteri, atau virus yang bisa memasuki tubuh kita," ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Wajib Pahami Area Blind Spot Saat Berkendara

Selain masker, Ludhy menambahkan, pengendara motor juga harus selalu menggunakan sarung tangan ketika berkendara, agar terhindar dari bakteri atau virus yang bisa menempel di tangan.

Saat berkendara, sebaiknya selalu menjaga jarak dengan pengendara lain. Jarak yang terlalu dekat akan memperbesar risiko terjadinya kontak dengan pengendara lain yang akan menyebabkan kecelakaan. Selain itu, dengan menjaga jarak juga bisa mencegah tersebarnya bakteri atau virus yang mungkin dibawa oleh pengendara lain.

“Setelah kita berkendara dan sampai di rumah, alangkah baiknya kita mencuci semua perlengkapan riding gear yang kita gunakan setelah berpergian dari luar agar membunuh kuman-kuman yang tidak baik untuk kesehatan kita. Untuk selalu menjaga kesehatan, disarankan untuk membawa hand sanitizer agar tangan kita selalu bersih dan kesehatan kita selalu terjaga,” kata Ludhy.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.