13 Panduan Tata Cara Berkendara Motor Secara Berkelompok dari IMI

Kompas.com - 01/12/2020, 16:01 WIB
Ilustrasi touring. IstimewaIlustrasi touring.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) secara resmi telah meluncurkan buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Dibuat dalam bentuk buku dan video, induk organisasi otomotif di Indonesia tersebut berharap standarisasi yang dibuatnya mampu menciptakan keamanan dan kenyamanan peserta touring maupun pengguna jalan lain.

Pasalnya, touring merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta motor. Jadi, jangan sampai merugikan pengguna jalan lain mengingat setiap warga memiliki hak sama untuk akses jalan.

Baca juga: Begini Cara Pasang Boks Motor yang Benar

Peresmian Buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok oleh IMIKOMPAS.com/Ruly Peresmian Buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok oleh IMI

“Tujuan pembuatan standardisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya komunitas atau klub sepeda motor, dan pengguna jalan raya umumnya,” kata Sadikin Aksa selaku Pelindung Tim Mobilitas IMI dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Akses panduan ini bisa diakses secara umum pada kanal Youtube dan situs resmi IMI. Secara umum, berikut hal-hal penting yang patut diperhatikan saat berkendara secara berkelompok:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pengarahan (Briefing)

Berkendara secara berkelompok wajib diawali dengan pengarahan yang dipimpin oleh pimpinan rombongan dan diikuti seluruh peserta serta tim pendukung.

Pada sesi ini, hal-hal yang dilaksanakan ialah absensi atau pendataan peserta turing, pengarahan aturan aturan emas yang meliputi tentang jaga jarak aman, dilarang menyalip dari kiri, dilarang menyusul pimpinan rombongan, penentuan waktu perbaikan kendaraan, istirahat setiap 2 jam, tidak mengatur lalu lintas, tidak makan saat berkendara, serta tidak menggunakan strobo dan sirine.

Kemudian dilanjutkan untuk pengarahan rute dan kondisi jalan beserta perkiraan cuaca, evaluasi baik dari kegiataan sebelumnya maupun terkini, formasi dan urutan peserta yang aman, pengenalan seluruh pengurus dan fungsinya, serta berdoa bersama.

Baca juga: Duplikasi Kunci Immobilizer Tidak Bisa Sembarangan, Ada Syaratnya

Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombonganIstimewa Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombongan

2. Pengarahan Isyarat Tangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X