Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Daftar Part yang Perlu Diganti pada Skutik Usia 5 Tahun Lebih

Kompas.com - 03/12/2020, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit masyarakat yang mengandalkan skuter matik (skutik) sebagai kendaraan andalannya untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan pemakaian harian, skutik yang sudah berusia lima tahun biasanya mulai bermasalah.

Sebab, pelumas-pelumas yang ada pada mesin dan komponen lainnya sudah perlu diganti, mulai dari pelumas mesin, minyak rem, oli gardan, dan cairan radiator bagi yang sudah berpendingin cairan.

Baca juga: Benarkah Knalpot Racing Bisa Dongkrak Perfoma Mesin Motor?

Bagi skutik yang sudah melewati jarak tempuh 16.000 Km atau 1,5 tahun sejak servis terakhir, perlu juga untuk melakukan pergantian saringan udara dan kanvas rem depan dan belakang.

Perawatan CVT pada motor matikIstimewa Perawatan CVT pada motor matik

"Pada usia lima tahun, motor juga sudah perlu untuk mengganti aki. Apalagi, jika sudah menempuh 30.000 km atau berusia tiga tahun," ujar Wahyudin, Kepala Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Wahyudin menambahkan, komponen yang tak kalah penting untuk diganti adalah v-belt. Sebaiknya, komponen tersebut diganti tiap 24.000 km. V-belt ini ibarat rantai pada motor sport atau motor bebek.

Baca juga: Sudah Tahu, Oli Mesin Motor Ternyata Bisa Stres?

"Jika sudah memasuki usia lima tahun, komponen di bagian mesin juga perlu diperhatikan. Biasanya, sudah ada komponen yang mulai melemah, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, seal-seal, gasket, dan lainnya," kata Wahyudin.

Untuk CVT, menurut Wahyudin, sebaiknya diganti juga bagian kampas kopling, pulley depan, dan pulley belakang. Selain itu, penting juga untuk mengganti saringan pada pompa bahan bakar, agar saluran bahan bakar ke injektor bisa tetap lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com