Bagaimana Cara Membersihkan Batok Helm yang Benar?

Kompas.com - 03/12/2020, 11:22 WIB
Helm yang jarang dipakai berpotensi lebih besar terserang jamur KOMPAS.com/GilangHelm yang jarang dipakai berpotensi lebih besar terserang jamur

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain visor dan busa helm yang biasanya dibersihkan saat kotor, ada satu bagian yang kadang lupa untuk kita perhatikan, yaitu batok helm. Batok helm sendiri merupakan bagian utama yang melindungi kepala pengendara motor.

Selain itu, batok helm memberikan fungsi untuk penampilan helm. Di mana ada warna dan model grafis helm yang diterapkan pada batok sehingga modelnya menjadi keren. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, untuk membersihkan batok helm, tidak berbeda jauh dari mencuci pada biasanya dan ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan.

Baca juga: Benarkah Ban Mobil Harus Istirahat saat Menempuh Perjalanan Jauh?

Helm Vespa Racing SixtiesIstimewa Helm Vespa Racing Sixties

“Tetap dibersihkan seperti mencuci pada umumnya, cuma biasanya siapkan kuas atau cotton bud untuk membersihkan sela-sela ventilasi,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Untuk membersihkannya bisa dengan air biasa dan dilap dengan microfiber. Ahmad mengatakan, sabun atau sampo bisa digunakan kalau ada noda yang sulit dibersihkan. Membersihkan batok helm ini perlu dilakukan untuk menjaga warna dari helmnya.

Baca juga: Terinspirasi MotoGP, Suzuki GSX-R150 Dibalut Bodi Serat Karbon

“Kalau enggak dibersihkan, nanti debu pada menempel. Selain itu warnanya jadi kusam dan bisa menimbulkan baret-baret halus,” kata Ahmad.

Selain itu, saat ini memang ada coating pada helm, namun menurut Ahmad tidak begitu diperlukan. Menurutnya lebih baik merawat helm dengan cara rutin dibersihkan daripada memakai lapisan coating yang harus dilapis ulang secara berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.