Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Membersihkan Batok Helm yang Benar?

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain visor dan busa helm yang biasanya dibersihkan saat kotor, ada satu bagian yang kadang lupa untuk kita perhatikan, yaitu batok helm. Batok helm sendiri merupakan bagian utama yang melindungi kepala pengendara motor.

Selain itu, batok helm memberikan fungsi untuk penampilan helm. Di mana ada warna dan model grafis helm yang diterapkan pada batok sehingga modelnya menjadi keren. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, untuk membersihkan batok helm, tidak berbeda jauh dari mencuci pada biasanya dan ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan.

“Tetap dibersihkan seperti mencuci pada umumnya, cuma biasanya siapkan kuas atau cotton bud untuk membersihkan sela-sela ventilasi,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Untuk membersihkannya bisa dengan air biasa dan dilap dengan microfiber. Ahmad mengatakan, sabun atau sampo bisa digunakan kalau ada noda yang sulit dibersihkan. Membersihkan batok helm ini perlu dilakukan untuk menjaga warna dari helmnya.

“Kalau enggak dibersihkan, nanti debu pada menempel. Selain itu warnanya jadi kusam dan bisa menimbulkan baret-baret halus,” kata Ahmad.

Selain itu, saat ini memang ada coating pada helm, namun menurut Ahmad tidak begitu diperlukan. Menurutnya lebih baik merawat helm dengan cara rutin dibersihkan daripada memakai lapisan coating yang harus dilapis ulang secara berkala.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/03/112200215/bagaimana-cara-membersihkan-batok-helm-yang-benar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke