Ganti Bersamaan, Tapi Mengapa Ban Depan Mobil Lebih Cepat Aus?

Kompas.com - 30/11/2020, 08:12 WIB
ban mobil baru Kompas.com/Fathan Radityasaniban mobil baru
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban menjadi salah satu komponen kendaraan roda empat yang cukup vital dan bersentuhan langsung dengan aspal.

Komponen ini juga menjadi salah satu faktor keselamatan dan kenyamanan ketika melakukan perjalanan.

Maka dari itu, ketika karet pelapis pelek ini sudah aus atau menipis sebaiknya segera dilakukan penggantian dengan yang baru.

Hal ini karena, kondisi ban yang sudah tipis maka akan berpengaruh terhadap daya cengkeram ban ke aspal, apalagi jika kondisi jalan basah karena hujan.

Baca juga: Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Kampas Kopling Mobil Manual Aus

Potensi aquaplaning atau hydroplaning akan semakin besar ketika ban mobil sudah aus. Disadari atau tidak, ternyata tingkat keausan pada ban mobil ini tidaklah sama antara bagian depan dan belakang.

Ban mobil GetasKompas.com/Fathan Radityasani Ban mobil Getas

Meskipun penggantian dilakukan secara bersamaan, tetapi rata-rata ban depan akan lebih cepat menipis dibandingkan dengan bagian belakang.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, menipisnya ban tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal.

Salah satunya adalah perbedaan beban yang dibawa kendaraan. Ban yang berada di depan menanggung beban berlebih, sehingga karetnya akan lebih cepat habis dibandingkan ban belakang.

Baca juga: Catat, Akibat Kampas Kopling Aus Bensin Makin Boros

“Kalau penggerak roda depan ban depan (lebih cepat habis) hal ini karena selain menarik kendaraan juga untuk belok,” ujarnya kepada Kompas.com Minggu (29/11/2020).

Selain itu, Didi menambahkan, cara berkendara seperti saat berakselerasi, cara pengereman juga berpengaruh terhadap tingkat keausan ban.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X