Jangan Pasang Jok Tambahan di Depan untuk Anak

Kompas.com - 27/11/2020, 19:01 WIB
Jok rotan untuk anak-anak yang diselipkan di dek skutik. Fachri FachrudinJok rotan untuk anak-anak yang diselipkan di dek skutik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengendara motor yang memberi perangkat tambahan yang banyak digunakan pada motor skutik. Dengan menyelipkannya di dek, anak-anak dianggap bisa duduk lebih nyaman.

Namun jika diperhatikan, apakah jok tersebut aman digunakan saat berkendara?

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan Edo Rusyanto menilai, penggunaan jok tambahan tersebut dinilai kurang aman untuk berkendara. Sebab, mengurangi ruang gerak pengendara dalam mengendalikan motor yang dikendarai.                     

Baca juga: Wacana Libur Akhir Tahun Dikurangi, Bagaimana Nasib Mobil Bekas?      

“Kalau kursi di depan, lebih riskan mengingat dapat mengurangi kemampuan pengendara menjaga keseimbangan ketika bermanuver seperti berbelok,” ujar Edo beberapa waktu lalu saat dihubungi Kompas.com.

Jok rotan untuk anak-anak yang diselipkan di dek skutik.Fachri Fachrudin Jok rotan untuk anak-anak yang diselipkan di dek skutik.

Edo mengingatkan, prinsip dasar dari mengendarai sepeda motor adalah menjaga kestabilan atau keseimbangan pada roda dua saat melaju di atas aspal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ruang gerak pengendarannya terganggu dalam menyeimbangkan kendaraan, maka risiko terjadinya kecelakaan semakin besar.

Baca juga: Ada Masalah, Joan Mir Minta GSX-RR Diperbaiki                              

Adanya perangkat tambahan seperti itu merupakan upaya untuk memudahkan atau menyamankan anak-anak saat berkendara. Namun, sedianya dipertimbangkan kembali aspek keselamatannya.

“Bersepeda motor seraya membawa balita akan riskan jika tidak menempatkannya dengan benar,” kata Edo.           



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.