Kemenhub Minta Pemda Sediakan Sepeda untuk Pelajar yang Belum Boleh Bawa Motor

Kompas.com - 24/11/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi siswa bermotor. Tribun JogjaIlustrasi siswa bermotor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas pendukung bagi pesepeda khususnya di lingkungan sekolah agar tercipta suasana aman dan nyaman.

Di samping itu, pada jangka menengah dan panjang langkah tersebut diklaim mampu menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan sepeda motor oleh siswa SMP dan SMA karena adanya peralihan moda.

"Sebab menurut UU No.22/2009 syarat membawa kendaraan bermotor harus memiliki SIM sementara batas usia pemegangnya ialah 17 tahun. Nah, banyak dari pelajar yang belum memenuhi syarat," kata Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pandu Yunianto kepada Kompas.com, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Siswa SMP dan SMA Dilarang Pakai Motor ke Sekolah, Ini Kata Kemenhub

Area parkir sepeda Kompas Gramedia.Dok. Kompas Gramedia Area parkir sepeda Kompas Gramedia.

"Jadi, kita ingin mendorong kembali aturan dimaksud untuk dilaksanakan khususnya di lingkungan sekolah. Kemudian mendorong pemanfaatan sepeda sebagai moda transportasi mereka," lanjutnya.

Pandu mengatakan fasilitas yang dimaksud mencakup lajur sepeda, rambu lalu lintas bagi pesepeda, serta tempat parkir di kawasan sekolah. Fasilitas tersebut diperlukan untuk menekan kecelakaan yang melibatkan pesepeda.

Baca juga: Pelajar Dilarang Bawa Motor ke Sekolah karena Mudah Terbawa Emosi di Jalan

Kemenhub, kata Pandu, telah bersurat kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk menyiapkan fasilitas pesepeda. Surat dengan nomor UM.105/2/6 PMB 2020 itu dikirim sejak 14 Agustus 2020.

"Mudah-mudahan tahun depan penyediaan fasilitas sepeda bisa terealisasi oleh pemda. Ini secara luas, ya," ujar dia.

"Kami harap ada penggalakan bersepeda bagi para siswa. Upaya ini perlu dukungan adanya pengadaan fasilitas sepeda," kata Pandu lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X