Start ke-12, Joan Mir yakin Bisa Kunci Gelar di GP Valencia

Kompas.com - 15/11/2020, 08:01 WIB
Joan Mir Twitter/@JoanMirOfficialJoan Mir
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Joan Mir akan start dari posisi ke-12 di GP Valencia, Spanyol. Meski startnya kurang bagus, pebalap Suzuki Ecstar itu yakni tetap bisa mengunci gelar juara musim ini.

Mir mengatakan tidak mendapatkan feeling yang baik saat kualifikasi. Mir tahu bukan tugas mudah untuk bisa mengunci gelar juara di GP Valencia, tapi dia akan berusaha sebaik mungkin.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia, Morbidelli Pole Position

“Saya tidak menemukan feeling yang baik selama kualifikasi, tetapi saya tahu bahwa saya dapat berjuang dengan baik karena secara umum saya merasa baik. Saya akan fokus pada balapan saya sendiri, tanpa memikirkan pebalap dan rival lain,” tulisnya di akun Twitter, Minggu (15/11/2020).

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Saat ini, Mir mengoleksi 162 poin dan unggul 37 poin dari pesaing terdekatnya yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan rekan setimnya Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara garis besar, pebalap Spanyol tersebut butuh jarak 26 poin dari pesaingnya pada MotoGP Valencia untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020.

Ada beberapa opsi jika Mir ingin mengunci gelar musim ini di GP Valencia. Pertama, dia harus juara sebab dengan finis pertama perolehan poinnya tidak bakal terkejar Quartararo.

Baca juga: Ketahui Kapan Harus Gunakan Rem Depan dan Belakang pada Sepeda Motor

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Eropa. AFP/JOSE JORDAN Joan Mir saat berlaga di MotoGP Eropa.

Kedua, Mir setidaknya berhasil meraih podium ketiga. Jika dia mampu finis tiga besar, maka Mir dipastikan juara dunia 2020 meski pada GP Portimao tak mendapatkan poin.

Skenario ketiga, Joan Mir bisa mengunci gelar juara 2020 jika finis di urutan keempat sampai keenam, dengan syarat Quartararo dan Rins tidak juara atau maksimal podium kedua.

Skenario lain ialah Mir bisa juara dunia jika finis di posisi kedelapan hingga 10. Tapi dengan syarat Quartararo, Rins dan Vinales tidak ada yang finis di urutan keempat dan selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.