Cal Crutchlow Tinggal Selangkah Lagi Gantikan Lorenzo

Kompas.com - 13/11/2020, 14:01 WIB
Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, merayakan keberhasilannya naik podium pada MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, 10 Maret 2019. AFP/KARIM JAAFARPebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, merayakan keberhasilannya naik podium pada MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, 10 Maret 2019.
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Cal Crutchlow menyebut tinggal selangkah lagi menandatangani kontrak sebagai pebalap penguji Yamaha. Mulai 2021 dia akan bertugas mengembangkan YZR-M1.

Crutchlow akan menggantikan peran Jorge Lorenzo yang sepanjang 2020 ini baru dua kali menguji M1 di Sepang dan Portimao. Meski demikian, pebalap Inggris itu enggan bicara soal nasib Lorenzo.

"Saya pikir dalam waktu dekat kami akan mencapai kesepakatan yang akan membuat kami berdua bahagia," kata Crutchlow mengutip Tuttomotoriweb, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Vinales Dukung Cal Crutchlow Buat jadi Pebalap Tes Yamaha

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.

Selain jadi test rider Yamaha, Crutchlow tetap bisa mencicipi balapan di MotoGP berstatus wildcard. Jatahnya sebagai pebalap tamu maksimal tiga kali dalam semusim.

Seperti diketahui, musim depan Crutchlow sudah tidak punya tim. Posisinya di LCR Honda digantikan Alex Marquez, yang masuk skuad tim satelit karena Pol Espargaro pindah ke Repsol Honda.

Crutchlow mengakui ide mengembangkan M1 adalah sesuatu yang dia minati. Mengembangkan motor juga sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya selama ini.

"Saya pikir itu bisa bekerja dengan baik," tambah Crutchlow.

Baca juga: MP1 Rangkul Gresini Racing Bikin Tim Buat Berlaga di MotoGP

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

Pengakuan ini sekaligus membantah bahwa dia akan merapat ke Aprilia. Padahal sampai dua pekan lalu, dia sepertinya sangat dekat dengan Aprilia untuk menggantikan Andrea Iannone.

Tapi kemudian ada yang tidak beres antara keduanya. Crutchlow sendiri tidak mau menjelaskan secara detail kenapa tidak jadi merapat ke pabrikan asal Noale, Italia tersebut.

"Saya katakan pada Aprilia bahwa saya tidak tertarik dengan proyek itu, dan sesuatu yang tidak lagi menarik minat saya. Saya punya alasan dan ini bukan waktu yang tepat untuk membahasnya," katanya.

"Maaf saya membuat keputusan ini. Anda harus mengikuti apa yang dikatakan hati dan perasaan Anda. Saya memilih jalan yang berbeda dari apa yang diharapkan semua orang,” kata Crutchlow.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X