Ketahui Penyebab Alarm Tak Bunyi Saat Kaca Mobil Dipecahkan

Kompas.com - 13/11/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi memecahkan kaca mobil whichcar.com.auIlustrasi memecahkan kaca mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik mobil yang melindungi kendaraannya dengan menyematkan alarm. Perangkat keamanan tersebut akan mengeluarkan bunyi keras saat ada orang lain yang mencoba melakukan pencurian dengan memecahkan kaca mobil.

Namun, pada beberapa kasus, didapati bahwa alarm tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tidak ada bunyi yang dikeluarkan saat kaca mobil dipecahkan.

Baca juga: Cara Mudah Cegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan

Didi Ahadi, Technical Suport Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, ada beberapa aspek yang dapat menyebabkan hak tersebut terjadi. Pertama, baterai alarm mobil sedang dalam keadaan lemah atau habis.

Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobilwhichcar.co.au Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil

"Akibatnya, respons yang dikeluarkan hanya kedipan lampu saja. Atau bisa jadi karena memang alarm mobil tidak dibekali kelengkapan shock sensor. Ini kerap terjadi saat kaca dibobol," kata Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, bisa juga karena sensitifitas untuk shock sensor-nya rendah. Sebab, untuk hal tersebut bisa disesuaikan menurut keinginan pemilik.

"Kemungkinan lainnya bisa dikarenakan dudukan karet yang dekat bagian sensor (pintu, bagasi, atau kap mesin) sudah getas atau kering," kata Didi.

Baca juga: Selain Air Hujan, Ini Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Jadi, menurut Didi, bagian switch tidak tertekan. Sehingga, alarm on-on terus menerus sampai error.

"Banyak lagi sebenarnya penyebab tidak berbunyi, harus dicek lebih jauh. Tapi, secara umum tiga hal tersebut," ujar Didi.

Maka itu, sebaiknya segera diperiksakan ke diler resmi apabila memang ada suatu komponen yang dirasa tidak berkerja optimal.

Selain itu, menurut Didi, penting juga untuk memastikan bahwa alarm yang dikenakan pada mobil sudah mencangkup hal apa saja. Sebab, instalasi atau pemasangan alarm tiap mobil berbeda-beda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X