Ini Bahayanya Meninggalkan Anak Kecil Sendirian di Dalam Mobil

Kompas.com - 13/11/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi anak terkunci di dalam mobil shutterstock/Ole_CNXIlustrasi anak terkunci di dalam mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang tua ada yang cukup cerobih dengan meninggalkan sang buah hati sendirian di dalam mobil. Padahal, bahaya yang ditimbulkan dari tindakan tersebut sangat fatal.

Apalagi, jika kunci mobil ditinggal di dalam bersama si anak. Bisa saja si anak belum bisa memahami kata-kata orang lain atau tidak memahami yang mana penguncinya.

Sehingga, ketika orang lain memintanya untuk membuka kunci pintu mobil, malah dihiraukan.

Baca juga: Cara Benar Bonceng Anak Kecil dengan Sepeda Motor

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil tersebut, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Dampak dari tindakan tersebut sangat fatal, karena dapat berakibat kematian.

Ilustrasi saat mobil terkunci dari dalam.wonderhowto.com Ilustrasi saat mobil terkunci dari dalam.

"Berbahaya bila terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Marcell menambahkan, anak terkunci di dalam mobil bisa menyebabkan fatalitas bila panas di dalam kabin naik atau kebocoran karbon dioksida terjadi.

Baca juga: Masih Banyak yang Abai, Mengajak Anak Kecil Duduk di Jok Baris Depan

Dalam kondisi tersebut, menurut Marcell, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan, jika dalam waktu yang lama, anak bisa saja meninggal dunia.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” kata Marcell.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X