Kompas.com - 28/09/2020, 12:02 WIB
ilustrasi bersihkan kaca mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniilustrasi bersihkan kaca mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya waterspot atau jamur pada bagian kaca kerap dialami oleh pemilik mobil. Apalagi, di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Adanya jamur pada kaca mobil akan membuat visibilitas atau pandangan pengemudi menjadi terganggu. Sebab, jika kaca mobil sudah berjamur, meskipun kondisi hujan kemudian kaca disapu oleh wiper akan tetap ada.

Baca juga: Waspada, Ini Kunci Berkendara Saat Hujan

Untuk menghilangkan jamur tersebut, harus menggunakan cairan khusus. Jika malas melakukannya, bisa dibawa ke salon khusus mobil.

Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

Namun, tentunya akan lebih baik untuk mencegah daripada harus mengobati. Pencegahannya sangat mudah, yakni dengan cara merawat kaca tersebut dengan benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mengatakan, paling penting harus rajin mencuci kaca dan mengelapnya sampai benar-benar kering.

"Pantangan paling utama, jangan sering atau terlalu lama membiarkan air yang menempel di kaca kering dengan sendirinya. Efeknya, kaca mobil menjadi cepat berjamur atau timbul bercak," ujar Sapta, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kelakuan Pengemudi yang Ceroboh Saat Mengemudi di Musim Hujan

Sapta menambahkan, setelah kena hujan, bilas dulu menggunakan air bersih. Kemudian, bersihkan dan lap sampai benar-benar kering untuk seluruh permukaan kaca.

Intinya, jangan malas untuk mencuci atau membilas kaca mobil dan mengelapnya hingga kering, untuk mencegah timbulnya jamur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X