Begini Cara Aman Ganti Ban Mobil Untuk Pengemudi Wanita

Kompas.com - 10/11/2020, 10:42 WIB
Pengendara Wanita Stanly/OtomaniaPengendara Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam aktivitas hingga tuntutan pekerjaan mendorong banyak wanita untuk mengendarai mobil ketika pergi ke suatu tempat. Maka dari itu, jangan heran jika melihat mobil pribadi saat ini tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki saja.

Namun, apabila terjadi masalah yang tidak terduga di jalan seperti ban bocor atau kempis sebaiknya pengemudi wanita harus bisa melakukan perbaikan sendiri. Minimal menggantinya dengan ban cadangan, agar bisa sampai tempat aman.

Lantas bagaimana cara aman mengganti ban untuk pengemudi wanita? Mari simak tipsnya.

Baca juga: Lampu Mobil Halogen dan LED di Mata Keselamatan Berkendara

1. Berhenti di tempat yang aman

Ilustrasi parkir.Thinkstock Ilustrasi parkir.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ketika mengalami ban kempis, sebaiknya memilih tempat yang aman untuk melakukan penggantian seperti di parkiran mini market atau SPBU.

“Selain itu, usahakan permukaan jalan yang digunakan untuk mengganti ban datar dan keras seperti jalan yang beraspal,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

2. Kunci pintu

Ilustrasi pencurian mobil.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pencurian mobil.

Sebelum melakukan penggantian ban sebaiknya pastikan dulu keamanan mobil dengan mengunci seluruh pintu.

Hal ini untuk memastikan agar tidak ada kejahatan yang terjadi selama pengemudi sibuk melakukan penggantian ban. Sebab modus kejahatan bermacam-macam, bisa saja terjadi saat pemilik tengah mengganti roda.

3. Aktifkan rem tangan

Penyebab utama tali rem tangan putusStanly/Otomania Penyebab utama tali rem tangan putus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X