Mitos atau Fakta, Kaca Mobil Terbuka Bisa Merusak AC?

Kompas.com - 09/11/2020, 19:41 WIB
Ilustrasi berkendara aman dan nyaman SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara aman dan nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyejuk udara atau air conditioner (AC) adalah komponen kenyamana yang cukup penting bagi pemilik mobil. Bila AC tidak bekerja dengan baik sudah pasti kenyamanan saat berkendara menjadi berkurang.

Ternyata untuk menjaga kondisi kinerja AC untuk tetap prima ada kebiasaan yang harus dihindari oleh pemilik kendaraan.

Salah satu anggapan yang sering beredar di masyarakat adalah tidak membiasakan membuka jendela atau kaca mobil saat AC menyala.

Baca juga: Pilihan Motor Sport 150 cc Bekas di Bawah Rp 10 Juta, Dapat Ninja R

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan, anggapan tersebut tidak benar.

Menurutnya, hal itu tidak merusak AC mobil. Hanya saja membuat udara di cabin lebih cepat kotor. Apalagi jika berkendara di perkotaan yang tingkat polusi, debu, serta polutannya juga tinggi. Beda hal nya jika kita berkendara di daerah pegunungan.

"Bila udara di dalam mobil cepat kotor, otomatis filter kabin dan evaporator AC akan jadi lebih cepat kotor,” ujar Kelvin saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Ilustrasi macetchat9780 Ilustrasi macet

Sementara itu, Muhammad Gunawan pemilik bengkel spesialis AC mobil Premium 99 justru membenarkan bahwa kebiasaan tersebut memang bisa merusak AC mobil dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Layanan Transportasi BTS Hadir di Medan, Bernama Trans Metro Deli

“Karena udara luar membawa kotoran masuk ke dalam kabin. Kotoran ini nantinya yang akan bersarang di komponen filter kabin dan membuat kerja kompresor membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai temperatur ruangan yang diinginkan,” ujar Gunawan.

Jika kondisi ini sudah terjadi, selain merusak AC mobil, pada akhirnya juga akan membuat kekuatan mesin dan konsumsi bahan bakar lebih boros.

Maka dari itu, usahakan bila hendak membuka jendela mobil dalam waktu lama, matikan AC. Serta tidak lupa ganti filter kabin setiap enam bulan sekali agar kinerja AC tetap maksimal



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X