Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggemar Motor Mirip Harley Ada Banyak di Indonesia

Kompas.com - 09/11/2020, 19:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor cruiser identik dengan sosok Harley-Davidson. Sehingga motor dengan kubikasi yang lebih kecil tapi mengusung gaya dan mesin serupa disebut H-D wannabe.

Walau ada sebutan bernada negatif, Steven Kentjana Direktur PT Benelli Motor Indonesia (BMI), mengatakan, penggemar motor cruiser bermesin kecil cukup banyak di Indonesia.

Tak ayal melihat animo yang besar tersebut, pihaknya kemudian meluncurkan Keeway V250 Fi di Indonesia yang notabene merupakan merek asal Hongaria.

Baca juga: Yamaha Rancang Motor dengan Turbocharger

Benelli Patagonian EagleIstimewa Benelli Patagonian Eagle

"Rupanya peminat H-D wannabe itu bukan ada lagi tapi banyak. Mereka mungkin tidak bisa punya H-D betulan karena terlalu atas, mereka mau H-D, ini opsinya," kata Steven belum lama ini.

Salah satu tolok ukur pasar cuiser kecil ada dan tetap eksis, yaitu dapat dilihat dari sepak terjang model-model Benelli yang sudah meluncur, seperti Benelli Patagonian Eagle dan Motobi 200.

Alasan lain Benelli membawa Keeway V250 Fi karena pemain di segmen ini tidak banyak. Beberapa merek yang bisa ditemui di pasar saat ini ialah Benelli Patagonian, Keeway V250 Fi dan SM Sport V16.

Baca juga: Kementerian ESDM Tetapkan 3 Tipe Colokan Mobil Listrik di SPKLU

Benelli Patagonian Eagle Retro Modern BobberKatros Garage Benelli Patagonian Eagle Retro Modern Bobber

Meski demikian, Steven mengatakan awalnya enggan meluncurkan cruiser kecil bermesin V-Twin. Karena citra mesin V-Twin sangat khas H-D dan takut pemakainya dirundung di jalan.

"Sebagai ATPM kami harus terus eksis dan konsisten, saya semangat kalau bertemu komunitas, mereka bilang Benelli jangan seperti merek yang lain, dan tidak pungkiri karena ada kompetitor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com