Mengenal Ground Force One, Bus Kepresidenan AS

Kompas.com - 08/11/2020, 15:21 WIB
Ground Force One PinterestGround Force One

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa keprisedanan Barack Obama, Secret Service Amerika Serikat menambah armadanya berupa bus. Bus ini juga tidak sembarangan, memiliki beberapa keunggulan layaknya mobil kepresidenan, Cadillac One.

Dilansir dari Business Insider, bus kepresidenan yang diberi julukan Ground Force One ini dibeli dari perusahaan Hemphill Brothers Coach dengan tebusan 1,1 juta US Dollar pada tahun 2011.

Sebelum memakai Ground Force One, Secret Service Amerika Serikat biasanya menyewa bus yang kemudian dimodifikasi dengan lapisan baja serta perangkat keamanan lainnya.

Baca juga: Imbas Resesi, Ini Prediksi Jenis Mobil Bekas yang Bakal Naik Daun

Ground Force OnePinterest Ground Force One

Ada banyak perangkat keamanan yang ada di bus berkelir hitam ini, diantaranya run flat-tire, eksterior yang dilapis baja, kaca yang diperkuat, sistem pemadam kebakaran, tabung oksigen, dan kantung darah untuk presiden.

Pindah ke kabinnya, sampai saat ini belum ada foto yang menggambarkan bagaimana suasana interiornya. Sudah pasti di kabinnya ada perangkat untuk bekerja termasuk telepon, televisi, radio dan internet.

Baca juga: Intip Ubahan Isuzu MU-X Terbaru, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Ground Force OneWikipedia Ground Force One

Selain itu ada juga captain seat dan sofa untuk menunjang kenyamanan presiden selama perjalanan darat. Untuk bus ini sendiri, dibuat oleh Prevost yang bermarkas di Kanada. Tipe bus yang digunakan yaitu X3-45 VIP.

Spesifikasinya, menggunakan model triple axle yang memiliki panjang total 13,7 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi 3,65 meter. Untuk mesinnya sendiri, menggunakan Volvo D13 dengan tenaga 500 TK dan torsi 2.372 Nm.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X