Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Ground Force One, Bus Kepresidenan AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa keprisedanan Barack Obama, Secret Service Amerika Serikat menambah armadanya berupa bus. Bus ini juga tidak sembarangan, memiliki beberapa keunggulan layaknya mobil kepresidenan, Cadillac One.

Dilansir dari Business Insider, bus kepresidenan yang diberi julukan Ground Force One ini dibeli dari perusahaan Hemphill Brothers Coach dengan tebusan 1,1 juta US Dollar pada tahun 2011.

Sebelum memakai Ground Force One, Secret Service Amerika Serikat biasanya menyewa bus yang kemudian dimodifikasi dengan lapisan baja serta perangkat keamanan lainnya.

Ada banyak perangkat keamanan yang ada di bus berkelir hitam ini, diantaranya run flat-tire, eksterior yang dilapis baja, kaca yang diperkuat, sistem pemadam kebakaran, tabung oksigen, dan kantung darah untuk presiden.

Pindah ke kabinnya, sampai saat ini belum ada foto yang menggambarkan bagaimana suasana interiornya. Sudah pasti di kabinnya ada perangkat untuk bekerja termasuk telepon, televisi, radio dan internet.

Selain itu ada juga captain seat dan sofa untuk menunjang kenyamanan presiden selama perjalanan darat. Untuk bus ini sendiri, dibuat oleh Prevost yang bermarkas di Kanada. Tipe bus yang digunakan yaitu X3-45 VIP.

Spesifikasinya, menggunakan model triple axle yang memiliki panjang total 13,7 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi 3,65 meter. Untuk mesinnya sendiri, menggunakan Volvo D13 dengan tenaga 500 TK dan torsi 2.372 Nm.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/08/152100315/mengenal-ground-force-one-bus-kepresidenan-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke