Tanggapan Quartararo Usai Yamaha Dikenakan Sanksi Pengurangan Poin

Kompas.com - 07/11/2020, 17:02 WIB

VELENCIA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo menerima dengan lapang dada atas keputusan FIM MotoGP Stewards yang mengurangi perolehan poin Yamaha pada papan klasemen konstruktor di MotoGP 2020.

Pasalnya, penyelenggara dan seluruh pihak terkait tentu telah melakukan pekerjaan yang berat untuk mengidentifikasi serta merumuskan segala hal yang berkaitan dengan jalannya balap.

Kendati demikian, Quartararo akan terus fokus untuk bertarung di lintasan bersama YZR-M1 walau tunggangannya tersebut belum bisa dipacu secara optimal.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Eropa, Jack Miller Jadi yang Tercepat

Pembalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (tengah), posisi pertama, pembalap Prancis Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kiri), kedua dan pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kanan), ketiga, berpose setelah sesi kualifikasi MotoGP di Moto Grand. Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 26 September 2020 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pembalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (tengah), posisi pertama, pembalap Prancis Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kiri), kedua dan pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kanan), ketiga, berpose setelah sesi kualifikasi MotoGP di Moto Grand. Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 26 September 2020 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

"FIM memutuskan seperti itu dan saya tidak bisa mengubahnya. Kami harus menerima. Saya tetap harus fokus untuk mengejar ketertinggalan bersama tunggangan saya saat ini," katanya dilansir Speedweek, Jumat (6/11/2020).

Pebalap asal Perancis tersebut juga menyebut bahwa sudah cukup puas atas pengembangan YZR-M1 hingga saat ini. Sebab, ia mampu bertanding untuk merebutkan juara dunia musim 2020.

"Maverick juga telah memenangkan satu balapan tahun ini. Franco menjuarai dua race, sementara saya sudah tiga kali podium pertama. Saya senang dengan motornya, mereka (Yamaha) telah memberikan yang terbaik," kata Quartararo.

"Tapi saya tak menampik, masih ada beberapa masalah di motor. Tidak peduli dengan apa yang terjadi baru-baru ini, saya sangat bangga dengan apa yang telah saya capai," tambahnya.

Baca juga: Pakai Mesin Keenam, Vinales Start dari Pitlane di MotoGP Eropa

Sebagaimana diketahui, Yamaha dikenakan hukuman penguraman 50 poin di papan klasemen konstruktor usai ketahuan menggunakan komponen ilegal saat seri pertama MotoGP 2020.

Yamaha dilaporkan menggunakan katup yang tak sesuai dengan aturan homologasi mesin yang ditetapkan MotoGP sebelum musim kejuaraan digelar.

Dua tim yang berada di bawah naungan Yamaha juga ikut dijatuhi sanksi, yakni pengurangan 20 poin pada tim Monster Energy Yamaha dan 30 poin untuk Petronas Yamaha.

Tak hanya itu, Maverick Vinales yang kedapatan sempat menggunakan mesin terkait harus memulai balapan dari Pitlane pada MotoGP Eropa 2020 pekan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Speedweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.