Pakai Mesin Keenam, Vinales Start dari Pitlane di MotoGP Eropa

Kompas.com - 07/11/2020, 11:02 WIB
Maverick Vinales tampak gembira seusai menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/PETER PARKSMaverick Vinales tampak gembira seusai menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales akan memulai balapan di MotoGP Eropa dari jalur pit stop ( pitlane).

Hal ini lantaran dirinya menggunakan mesin ke 6 untuk menghadapi balapan akhir pekan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2020).

Baca juga: Ingat Jangan Cuma Andalkan Spion Saat Berbelok

Sebelumnya, yamaha telah melanggar aturan dengan menggunakan klep yang ilegal saat MotoGP Jerez pada juli lalu. Disebut ilegal karena klep tersebut belum didaftarkan untuk homologasi.

Yamaha dihukum pengurangan 50 poin konstruktor, serta 20 poin ditarik dari tim Monster Energy Yamaha dan 37 poin dari Petronas Yamaha SRT.

Kini, Yamaha mengumumkan terpaksa pakai mesin ke 6 untuk Vinales. Artinya Vinales harus menggunakan mesin di luar alokasi 5 mesin maksimum yang ia peroleh pada musim 2020. Keputusan ini terpaksa dilakukan karena banyaknya masalah teknis.

Baca juga: Tekan Potensi Kecelakaan, Berikut Tips Aman Mengemudi Saat Hujan

“Kami terpaksa menggunakan yang keenam. Jadi, Vinales akan mulai balapan dari pitlane pada hari Minggu,“ ujar Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli, dikutip dari motorsport, Jumat (6/11/2020)

Saat ini Vinales berada di posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2020 dengan raihan 118 poin. Menyisakan tiga balapan lagi, Vinales membutuhkan beberapa poin untuk mengejar Joan Mir yang kini bertengger di puncak klasemen dengan torehan 137 poin.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X