Jajal Quickshifter Honda CBR250RR SP QS

Kompas.com - 06/11/2020, 10:02 WIB
Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/GilangHonda CBR250RR SP Quick Shifter

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CBR250RR SP Quickshifter meluncur di pasar Indonesia, akhir Juli 2020. Secara tampilan tidak berubah banyak, tapi dari sisi teknis Honda membekali dengan berbagai fitur baru.

Salah satunya ialah mengusung mesin dengan tenaga dan torsi lebih besar, serta tambahan fitur quickshifter. Dengan adanya quickshifter pengendara tidak perlu menarik tuas kopling saat akan pindah gigi.

Menariknya sistem piranti quickshifter di CBR250RR SP QS bisa disesuaikan dengan keinginan. Quickshifter-nya bisa disetel empat mode, untuk naik-turun, naik saja, turun saja, dan tidak dipakai (off).

Kompas.com mendapat kesempatan untuk membawa CBR250RR SP QS beberapa hari. Kencan kali ini cukup lama dan bisa merasakan fitur unggulan yang ada karena dipakai buat harian.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Harian Honda CBR250RR SP QS

Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/Gilang Honda CBR250RR SP Quick Shifter

Fitur quickshifter sendiri biasanya baru ada di motor gede (moge). Selama berkendara harian membelah jalanan Jakarta, Kompas.com memakai mode quickshifter naik-turun.

Saat dicoba, di putaran mesin rendah quickshiter bisa bekerja, tapi terasa hentakan yang cukup kuat. Baru kemudian di putaran mesin yang lumayan tinggi hentakannya lebih halus.

Lebih jauh, jika belum terbiasa ada kalanya saat pindah gigi naik, sistemnya seperti membaca. Pada kecepatan tidak terlalu tinggi prosesnya kadang sulit atau istilahnya "suka enggak pas."

Berbeda ketika kecepatannya sudah naik. Saat mulai terbiasa mengatur bukaan gas, proses pergantian gigi mulus sesuai dengan peruntukan quickshifter untuk pindah gigi cepat.

Baca juga: Cek Pajak Tahunan Kawasaki Ninja ZX-25R, Tembus Rp 1,3 Jutaan

Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/Gilang Honda CBR250RR SP Quick Shifter

Hal yang menyenangkan dari adanya fitur ini ialah bukan cuma saat pindah gigi atas, tapi juga saat menurunkan gigi. Menurunkan dua gigi pun tidak perlu lagi sambil tarik kopling.

Pengendara juga tidak perlu khawatir motor akan slip karena motor sudah dibekali assist and slipper clutch. Fitur ini mengurangi risiko engine brake yang dapat menyebabkan slip saat deselerasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X