Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jepang Recall CBR250RR, Indonesia Dipastikan Aman

Kompas.com - 01/09/2020, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Jepang melakukan penarikan terhadap 11.500 unit Honda CBR250RR. Recall dilakukan karena ada masalah pada bak oli mesin untuk unit yang diproduksi Maret 2017-Oktober 2018.

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), APM motor Honda di Indonesia, mengatakan recall CBR250RR di Jepang tidak berpengaruh untuk unit yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Honda Astrea Prima Diubah Jadi Streetcub Futuristis

"Sejauh ini CBR250RR yang dipasarkan di Indonesia tidak mengalami masalah tersebut. Kami belum ada rencana melakukan recall," kata Muhib panggilannya kepada Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Honda CBR250RR SP versi modifikasiKompas.com Honda CBR250RR SP versi modifikasi

Muhib mengatakan, unit yang dijual di Jepang bukan produksi Indonesia. Tapi dia tak menyangkal Honda Jepang mengimpor dalam bentuk terurai atau completely knocked down (CKD) dari AHM.

"Ya dalam bentuk CKD bukan CBU," katanya.

Dalam keterangannya, bak oli pada unit yang ditarik punya potensi bocor. Jika bak oli bocor dan motor terus dipakai jalan maka dalam kasus terburuk oli akan rembes ke ban belakang dan menyebabkan jatuh.

Untuk itu di Jepang, pemilik CBR250RR yang diduga bermasalah diminta datang ke diler resmi untuk pengecekan. Jika ditemukan ada masalah pada bak oli maka akan diganti oleh Honda tanpa biaya apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com