Kawasan Puncak Padat, Didominasi Kendaraan Pelat B

Kompas.com - 30/10/2020, 11:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengingatkan semua pengguna jalan di sepanjang jalur Puncak untuk berhati-hati dan memperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan.

Pasalnya, curah hujan yang tinggi saat ini bisa memicu persoalan seperti pohon tumbang di kiri dan kanan jalan, terbatasnya jarak pandang imbas kabut, sampai longsor.

"Beberapa titik di jalur Puncak ada yang rawan terjadi hal tersebut. Jadi tetap berhati-hati," kata Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan kepada Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Cara Mencegah Kampas Kopling Terbakar di Jalan Menanjak

Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa BaratKOMPAS.com/AFDHALUL IKHSAN Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat

"Kemudian saat hujan lebat sebaiknya menepi dulu, terutama pengendara roda dua karena jarak pandang juga terbatas," lanjutnya.

Disebutkan, beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang terdapat di daerah Cugenang, Cibeureum, Ciloto, dan Puncak Pass. Sementara itu, volume pengunjung atau kendaraan ke kawasan Puncak sendiri saat ini mengalami lonjakan menyusul libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selama dua hari periode libur panjang, menurut pantauan Kompas.com di kawasan Puncak Pass, Kamis (29/10/2020), volume kendaraan mulai meningkat yang didominasi kendaraan berpelat B atau dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Persiapan Arus Balik, Kendaraan Niaga Dilarang Masuk Tol Japek

 

Sebuah kendaraan truk melintas jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat. Jelang libur panjang akhir pekan ini kendaraan besar dilarang melintasi jalur tersebut.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sebuah kendaraan truk melintas jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat. Jelang libur panjang akhir pekan ini kendaraan besar dilarang melintasi jalur tersebut.

Bahkan, pihak kepolisian telah menerapkan sistem satu jalur untuk memecah kepadatan menuju puncak.

Adapun peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi di kawasan wisata Kebun Raya Cibodas (KRC).

"Hari ini mulai ada peningkatan jumlah pengunjung. Puncaknya diperkirakan Sabtu-Minggu, diprediksi naik 60 persen dari biasanya," kata General Manager Kebun Raya Cibodas Teguh Dwiyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.