5 Hal yang Mesti Diperhatikan Pemula Saat Lewat Jalan Tol

Kompas.com - 30/10/2020, 10:12 WIB
Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II Brigif-Sawangan. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAJalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II Brigif-Sawangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai fungsinya jalan tol dirancang sebagai jalan bebas hambatan. Meski demikian bukan berarti pengguna tol bebas memacu kendaraan sesuka hati di jalan tol.

Buat pengemudi pemula jalan tol bisa jadi momok yang menakutkan. Pasalnya, banyak kendaraan yang melaju kencang, serta sebetulnya banyak aturan yang berlaku di jalan tol.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Biaya Resmi Perpanjangan SIM A dan C

Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara di jalan bebas hambatan terutama bagi para pengemudi pemula.

PT Acset Indonesia Tbk memperoleha kontrak baru Rp 289 miliar, satu di antaranya berasal dari Jalan Tol Akses Bandara Kerajati Jawa Barat.Acset PT Acset Indonesia Tbk memperoleha kontrak baru Rp 289 miliar, satu di antaranya berasal dari Jalan Tol Akses Bandara Kerajati Jawa Barat.

1. Konstan

Pertama ialah dengan menjaga kecepatan kendaraan. Berbeda dengan jalan umum, kecepatan kendaraan di jalan tol relatif konstan.

Hal ini membuat pengemudi kerap lepas kendali dengan memacu mobil dengan cepat.

Padahal ada aturan batas kecepatan maksimal dan minimal yang wajib dipatuhi. Batasan tersebut sudah diperhitungkan agar aman dilintasi kendaraan roda empat.

Sehingga pengendara bisa nyaman saat melintasinya baik dalam kondisi kering atau basah.

“Agar aman saat berkendara tetap menjaga kecepatan laju kendaraan sesuai dengan speed limit yang diperbolehkan,” ujar Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

2. Pilih lajur yang sesuai

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X