Kompas.com - 30/10/2020, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, jadi musim yang terakhir bagi Andrea Dovizioso di MotoGP. Pebalap asal Italia ini tidak bisa menemukan tim lain untuknya balapan di musim depan.

Pilihan paling memungkinkan adalah menjadi test rider sementara. Sambil menunggu kontrak pebalap selesai, lalu mulai kembali mencari tim lagi.

Baca juga: Bagnaia Siap Terima Perintah Team Order Ducati untuk Bantu Dovi

Namun, menjadi test rider pabrikan juga tidak mudah. Tidak banyak pabrikan yang bersedia untuk menjadikan Dovi untuk mengembangkan motornya.

Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Dovi dikabarkan sudah berbicara dengan beberapa pabrikan akan kemungkinan menjadi test rider untuk tahun depan. Meskipun, Dovi juga menyebutkan tidak masalah jika dirinya tidak mendapat kesempatan tersebut.

Simone Battistella, manajer Dovi, mengatakan, keputusan finalnya akan dibuat pekan ini.

"Apa yang Andrea inginkan adalah kesempatan untuk mengikuti beberapa seri tahun depan," ujar Battistella, dikutip dari Motorsport.com.

Baca juga: Dovizioso Mau Jadi Test Rider, Bisa Yamaha atau Suzuki

Dovi menginginkan pabrikan yang bisa memberikan opsi terbaik untuk kembali balapan sepenuhnya pada MotoGP 2022 mendatang.

HRC diduga tidak tertarik pada gagasan Dovi yang menggabungkan pengembangan RC213V dengan risiko cedera akibat balap motocross.

Sedangkan KTM, sepertinya sudah cukup puas dengan Dani Pedrosa. Terbukti dari performa pabrikan asal Austria tersebut di musim ini. Sementara Aprilia, dikabarkan tidak bisa memenuhi permintaan Dovi dari segi finansial.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

Pilihan paling memungkinkan adalah menjadi test rider Yamaha. Jorge Lorenzo belum perpanjang kontraknya untuk tahun depan.

Selain itu, Valentino Rossi juga hanya tanda tangan kontrak untuk 2021. Ada kemungkinan Dovi untuk menggantikan Rossi. Pebalap paling senior di MotoGP itu pun memberi restunya jika Dovi menjadi test rider Yamaha.

Lorenzo sendiri dikabarkan sedang merapat ke Aprilia. Tak menutup kemungkinan hal tersebut akan terjadi, apalagi melihat hubungan baik antara keduanya di masa lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.