Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Dovi Masuk ke Yamaha, Lorenzo Geser ke Aprilia

Kompas.com - 30/10/2020, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, jadi musim yang terakhir bagi Andrea Dovizioso di MotoGP. Pebalap asal Italia ini tidak bisa menemukan tim lain untuknya balapan di musim depan.

Pilihan paling memungkinkan adalah menjadi test rider sementara. Sambil menunggu kontrak pebalap selesai, lalu mulai kembali mencari tim lagi.

Baca juga: Bagnaia Siap Terima Perintah Team Order Ducati untuk Bantu Dovi

Namun, menjadi test rider pabrikan juga tidak mudah. Tidak banyak pabrikan yang bersedia untuk menjadikan Dovi untuk mengembangkan motornya.

Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Dovi dikabarkan sudah berbicara dengan beberapa pabrikan akan kemungkinan menjadi test rider untuk tahun depan. Meskipun, Dovi juga menyebutkan tidak masalah jika dirinya tidak mendapat kesempatan tersebut.

Simone Battistella, manajer Dovi, mengatakan, keputusan finalnya akan dibuat pekan ini.

"Apa yang Andrea inginkan adalah kesempatan untuk mengikuti beberapa seri tahun depan," ujar Battistella, dikutip dari Motorsport.com.

Baca juga: Dovizioso Mau Jadi Test Rider, Bisa Yamaha atau Suzuki

Dovi menginginkan pabrikan yang bisa memberikan opsi terbaik untuk kembali balapan sepenuhnya pada MotoGP 2022 mendatang.

HRC diduga tidak tertarik pada gagasan Dovi yang menggabungkan pengembangan RC213V dengan risiko cedera akibat balap motocross.

Sedangkan KTM, sepertinya sudah cukup puas dengan Dani Pedrosa. Terbukti dari performa pabrikan asal Austria tersebut di musim ini. Sementara Aprilia, dikabarkan tidak bisa memenuhi permintaan Dovi dari segi finansial.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

Pilihan paling memungkinkan adalah menjadi test rider Yamaha. Jorge Lorenzo belum perpanjang kontraknya untuk tahun depan.

Selain itu, Valentino Rossi juga hanya tanda tangan kontrak untuk 2021. Ada kemungkinan Dovi untuk menggantikan Rossi. Pebalap paling senior di MotoGP itu pun memberi restunya jika Dovi menjadi test rider Yamaha.

Lorenzo sendiri dikabarkan sedang merapat ke Aprilia. Tak menutup kemungkinan hal tersebut akan terjadi, apalagi melihat hubungan baik antara keduanya di masa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com