Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasan Puncak Padat, Didominasi Kendaraan Pelat B

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengingatkan semua pengguna jalan di sepanjang jalur Puncak untuk berhati-hati dan memperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan.

Pasalnya, curah hujan yang tinggi saat ini bisa memicu persoalan seperti pohon tumbang di kiri dan kanan jalan, terbatasnya jarak pandang imbas kabut, sampai longsor.

"Beberapa titik di jalur Puncak ada yang rawan terjadi hal tersebut. Jadi tetap berhati-hati," kata Sekretaris BPBD Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan kepada Kompas.com, Kamis (29/10/2020).

"Kemudian saat hujan lebat sebaiknya menepi dulu, terutama pengendara roda dua karena jarak pandang juga terbatas," lanjutnya.

Disebutkan, beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang terdapat di daerah Cugenang, Cibeureum, Ciloto, dan Puncak Pass. Sementara itu, volume pengunjung atau kendaraan ke kawasan Puncak sendiri saat ini mengalami lonjakan menyusul libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selama dua hari periode libur panjang, menurut pantauan Kompas.com di kawasan Puncak Pass, Kamis (29/10/2020), volume kendaraan mulai meningkat yang didominasi kendaraan berpelat B atau dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bahkan, pihak kepolisian telah menerapkan sistem satu jalur untuk memecah kepadatan menuju puncak.

Adapun peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi di kawasan wisata Kebun Raya Cibodas (KRC).

"Hari ini mulai ada peningkatan jumlah pengunjung. Puncaknya diperkirakan Sabtu-Minggu, diprediksi naik 60 persen dari biasanya," kata General Manager Kebun Raya Cibodas Teguh Dwiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/30/113100315/kawasan-puncak-padat-didominasi-kendaraan-pelat-b

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke