New Yamaha MT-09 Meluncur, Lebih Beringas

Kompas.com - 29/10/2020, 07:22 WIB
Yamaha MT-09 Foto: IstimewaYamaha MT-09

LONDON, KOMPAS.com - Setelah sempat merilis teaser penggoda, Yamaha Eropa resmi merilis Yamaha MT-09 model 2021. Ada beberapa ubahan yang terjadi ketimbang model lawasnya.

Ubahan di eskterior dapat dilihat dari bentuk lampu utama. Lampu depan LED proyektor tunggal dengan DRL, sedangkan lampu belakang LED sekarang membentuk bentuk 'Y' berbeda dari yang dulu.

Baca juga: Bersolek di Jepang, Daihatsu Thor Kini Berlimpah Fitur Keamanan

Yamaha MT-09Foto: Istimewa Yamaha MT-09

MT-09 2021 kini memakai suspensi upside down diameter 41 mm dan suspensi belakang monoshok yang dapat disesuaikan. Peleknya juga lebih ringan 0,7 kg dari model sebelumnya. Tinggi jok sedikit meningkat dari 5 mm menjadi 825 mm.

Peningkatan lain yaitu sektor sasis. Rangka MT-09 baru ini memakai aluminium. Bobotnya 2,3 kg lebih ringan. Rangka juga disebut lebih kaku sehingga meningkatkan stabilitas saat dikendarai.

Yamaha MT-09Foto: Istimewa Yamaha MT-09

Jantungnya masih pakai konfigurasi mesin inline-triple Crossplane, tapi kubikasinya diperbesar dari 850cc menjadi 889cc. Tenaga lebih besar mencapai 117,3 tk pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Pasang Roof Box di Mobil untuk Pergi Berlibur

Selain kapasitas mesin, Yamaha turut merevisi desain knalpot. Tak lupa perbaikan injeksi sehingga menghasilkan debit campuran bensin dan udara yang lebih terkontrol yang sekarang sudah Euro 5.

Yamaha MT-09Foto: Istimewa Yamaha MT-09

Transmisinya masih sama girboks enam percepatan dengan tambahan slipper cluth. Model baru ini juga sudah dibekali Quick shifter naik-turun sebagai opsi standar, peningkatan dari MT-09 sebelumnya.

Beberapa ubahan tersebut membuat bobot keseluruhan MT-09 2021 turun sekitar 4 kg dari semula 193 kg menjadi 189 kg. Adapun kapasitas tangki tetap sama yaitu 14 liter untuk perjalanan jauh.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X