Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Saat Pasang Roof Box di Mobil untuk Pergi Berlibur

Kompas.com - 28/10/2020, 15:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang menjadi momen yang dipilih masyarakat untuk pergi berlibur bersama keluarga atau pulang ke kampung halaman.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, maka alternatif utama adalah memilih menggunakan kendaraan pribadi saat menempuh perjalanan jauh.

Ketika menempuh perjalanan jauh, kabin yang lapang menjadi salah satu faktor penunjang kenyamanan saat berkendara. Oleh sebab itu, tidak sedikit pengemudi yang memilih untuk memasang roof box pada kendaraannya sebagai salah satu solusi untuk menambah daya tampung bagasi.

Baca juga: Macet akibat Kecelakaan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek, Jasamarga Terapkan Sistem Buka Tutup

Kendati demikian, pemasangan dan penggunaannya tidak bisa sembarangan, sebab hal ini menyangkut keamanan berkendara di jalan.

Modifikator sekaligus Founder Karma Body Kit Kiki Anugraha mengatakan, tren penggunaan roof box awalnya diadaptasi dari mobil modifikasi di Amerika Serikat atau Eropa.

“Selain dapat menambah kapasitas bagasi, penggunaan roof box sedang ramai dipakai sebagai kosmetik tambahan. Tapi modelnya yang slim bukan yang tebal,” ujar pria yang akrab disapa Kiki belum lama ini kepada Kompas.com.

Roof box Thule, banyak model dan pilihan kapasitasStanly/Otomania Roof box Thule, banyak model dan pilihan kapasitas

Kiki menyarankan pemilik mobil sebaiknya menggunakan roof box dari merek terkemuka. Hal ini buat memastikan braket, penyangga, dan bahan roof box telah siap menerima kondisi saat berkendara, terutama terpaan angin yang kuat dari depan.

Baca juga: Touring Pakai Motor Sport Perhatikan Jarak Tuas Kopling

“Kalau yang saya pakai sudah kuat dan kencang braket-braketnya, jadi dipastikan aman saat melaju di tol. Namun sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya di cek lagi,” katanya.

Kiki menambahkan, saat dipacu dalam kecepatan tinggi, roof box akan menimbulkan suara bising dari atap mobil. Hal ini wajar mengingat kompartemen tambahan ini menghadang angin dari depan.

“Untuk mengurangi kebisingan sebaiknya batasi kecepatan, karena suara angin lumayan keras. Kalau kuat atau tidak, pasti kuat. Tapi memang harus lebih hati-hati saat mengemudi, karena tinggi mobil jadi bertambah, khawatir mengenai sesuatu,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com