Lebih Murah Beli Mobil Bekas di Balai Lelang atau Situs Online?

Kompas.com - 25/10/2020, 08:02 WIB
Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi. Mobil88Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak tempat untuk mendapatkan mobil bekas sekarang ini. Berburu mobil setengah pakai tidak hanya di showroom, tetapi di situs daring juga bisa.

Tetapi, ada juga balai lelang yang bisa menjadi alternatif ketika mencari kendaraan roda empat dengan harga yang bersaing.

Selama ini, balai lelang menjadi tempat favorit bagi pemilik showroom untuk mendapatkan unit bekas dengan harga di bawah pasaran.

Rata-rata harga mobil seken yang ditawarkan melalui balai lelang memang lebih rendah dibandingkan dengan harga di tempat lain.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Vios, Yaris, sampai BMW

Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid- Balai Lelang Serasi, mengatakan, ada selisih harga antara mobil bekas yang dijual di balai lelang dengan yang dijual di luar.

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

“Kalau untuk mobil-mobil sejuta umat, LCGC, itu selisih harganya antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, kadang selisih harga Rp 5 juta juga diambil oleh showroom,” kata Daddy kepada Kompas.com, Sabtu (24/10/2020).

Sedangkan, Daddy menambahkan, untuk mobil mewah dengan harga yang lebih mahal selisih harga juga lebih besar lagi.

“Kalau mobil yang lebih mahal selisih harganya antara Rp 10 juta sampai Rp 20 juta. Biasanya mobil mewah terjualnya juga lama, jadi rangenya juga lebih besar,” ujarnya.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang

Benarkah, mobil bekas yang dijual di balai lelang lebih murah?berikut perbandingan mobil bekas yang dijual di Ibid- Balai Lelang Serasi dengan di situs jual beli daring.

Ilustrasi mobil bekas.Reuters Ilustrasi mobil bekas.

Misalkan Toyota Kijang Innova tipe 2.0 tahun 2016 di Ibid-Balai Lelang Serasi harga yang terbentuk yakni Rp 189 juta.

Sedangkan untuk mobil dengan tipe dan tahun yang sama di jual beli online ditawarkan dengan harga Rp 195 juta.

Tipe yang lainnya seperti Daihatsu Sigra 1.0 D tahun 2018 di Ibid-Balai Lelang Serasi harga yang terbentuk yakni Rp 67, juta. Sementara di situs jual beli daring ditawarkan dengan harga Rp 78 juta.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 80 Jutaan di Balai Lelang, Ada Juke, Innova sampai CR-V

Toyota Avanza 1.3 G A/T tahun 2018 di Ibid-Balai Lelang Serasi harga yang terbentuk yakni Rp 115,5 juta.

Kemudian di jual beli online untuk mobil dengan tipe dan tahun yang sama ditawarkan dengan harga Rp 153 juta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X