Kenali Penyebab dan Dampak Buruk Air Keluar dari Ventilasi AC

Kompas.com - 22/10/2020, 11:42 WIB
AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap. KompasOtomotif-Donny AprilianandaAC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Air Conditioner (AC) menjadi salah satu fitur yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan berkendara di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Untuk itu, komponen ini perlu dirawat dengan baik.

Ada beberapa macam kerusakan pada AC, seperti tidak lagi dingin, hawa yang dikeluarkan hangat, atau muncul air pada ventilasi AC.

Baca juga: Ini Ciri Kondensor AC Mobil yang Rusak

Munculnya air pada lubang pengeluaran hawa dingin ini disebabkan oleh embun yang kian menebal. Embun tersebut dapat dihasilkan oleh AC yang terlalu dingin.

Evaporator AC kotor, bahkan kadang berair macam lumpur.Auto Service Car Sarana Banyumas Motor Evaporator AC kotor, bahkan kadang berair macam lumpur.

"Hal tersebut tidak normal. Bila muncul air dari lubang ventilasi AC, biasanya karena ada saluran air yang tersumbat," ujar Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Imam menjelaskan saat AC dihidupkan, evaporator akan mengandung uap air, karena akan mengambil uap air dari udara. Istilah ini sering disebut dengan kondensasi.

Baca juga: Membersihkan Filter AC Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

"Tapi, jika evaporator dalam keadaan kotor, maka bisa saja menjadi beku. Sehingga, sirkulasi udara tidak dapat bekerja dengan baik dan muncul air di sekitar lubang ventilasi AC," kata Imam.

Jika dibiarkan, menurut Imam, dampaknya bisa merusak komponen AC lainnya. Selain itu, air yang muncul juga dapat menetes dan berisiko mengenai perangkat elektronik yang ada di sekitarnya.

Untuk mencegahnya, Imam menyarankan, untuk lakukan perawatan pada AC secara berkala. Selain itu, hindari kebiasaan membuka jendela saat AC dalam keadaan menyala. Sebab, bisa membuat evaporator cepat kotor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X