Membersihkan Filter AC Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 12/10/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi kembali diberlakukan di Jakarta. Untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, sebaiknya tidak bepergian jika tidak terlalu penting.

Termasuk merawat mobil, jika bisa dilakukan di rumah, lebih baik tidak perlu pergi ke bengkel. Salah satu perawatan mobil yang bisa dilakukan di rumah yaitu membersihkan filter AC mobil.

Kepala bengkel Spesialis AC, Rotary Bintaro, Kelvin Ong mengatakan, cara membersihkan filter AC mobil sangat mudah jika ingin dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Spek Mesin Motor Moto2 Tim MotoGP Indonesia, Pakai Mesin Triumph

filter ac mobilgridoto.com filter ac mobil

Membersihkan filter AC mobil di rumah paling bisa diketuk-ketuk saja, biarkan debunya turun. Kalau mau dicuci memang bisa bersih, tetapi pada akhirnya filter itu akan berbulu dan malah menghalangi angin,” ucap Kelvin kepada Kompas.com belum lama ini.

Membersihkan filter AC mobil dengan cara diketuk-ketuk memang kurang maksimal hasilnya. Berbeda dengan filter AC rumahan, filter AC mobil perlu diganti secara rutin.

“Membersihkan dengan angin dari kompresor juga bisa, tetapi hasilnya tetap tidak maksimal. Sebaiknya filter AC di mobil diganti setiap tiga sampai enam bulan, atau kalau dihitung kilometer, per 10.000 bisa diganti,” kata Kelvin.

Baca juga: Jakarta Terapkan PSBB Transisi, Mobil Maksimal 2 Orang per Baris

Mengganti filter AC ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Pertama harus tahu dulu bentuk dari filter yang digunakan, kemudian ketahui di mana penempatan filternya. Karena setiap mobil memiliki posisi yang berbeda-beda.

Filter AC juga sudah bisa dibeli melalui toko online. Selain itu pilihannya juga semakin beragam, ada yang terbuat dari karbon dan filter anti alergi. Perbedaannya yaitu dari kemampuan filter tersebut menyaring debu sampai ukuran paling kecil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X