Ini Ciri Kondensor AC Mobil yang Rusak

Kompas.com - 20/10/2020, 17:01 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Air Conditioner ( AC) merupakan komponen penting di dalam mobil Apalagi iklim di Indonesia yang tropis, fungsi AC sangat penting agar kabin menjadi lebih nyaman.

Namun jika AC rusak, tentunya kabin menjadi tidak dingin, berkendara pun malah tidak nyaman. Komponen AC di mobil sebenarnya ada banyak, salah satunya yaitu kondensor yang berfungsi untuk mendinginkan gas freon.

Jika komponen kondensor mengalami kerusakan, tentu saja AC di mobil menjadi tidak dingin. Business Development Rotary Bintaro, bengkel spesialis AC, Kelvin Ong mengatakan ada beberapa ciri lainnya jika kondensor di mobil rusak.

Baca juga: Bocoran Harga Daihatsu Rocky, Meluncur Tahun Depan?

Kondensor mobilOtomotrip.com Kondensor mobil

“Pertama yaitu ada rembesan oli di bagian kondensor. Kondensor ini letaknya di depan radiator, jadi bisa dilihat ada rembesan atau tidak,” ucap Kelvin kepada Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Kemudian yang jika mobil dalam keadaan berhenti, AC tidak terasa dingin. Hawa di sekitar kondensor juga lebih panas dari biasanya. Kalau sudah begini, sebenarnya kondensor bisa disiram dengan air dan AC kembali dingin.

“Disiram ini kalau kondensornya mampet. Ciri terakhir yaitu adanya kebocoran pada kondensor. Kalau mampet bisa diperbaiki dengan treatment flushing. Sedangkan bocor, bisa dengan dilas,” kata Kelvin.

Baca juga: Sri Mulyani Tolak Usulan Pajak Nol Persen, Ini Kata Produsen Mobil

cara kerja Freon AC MobilRotarybintaro.co.id cara kerja Freon AC Mobil

Tapi jika kondensor diservis, kembali lagi bisa bertahan berapa lama tergantung dari barangnya. Hal ini disebabkan kondensor yang memiliki tekanan yang tinggi, berbeda dengan radiator yang low pressure.

“Untuk mengecek kebocoran, secara awam bisa lihat ada tidaknya rembesan oli. Namun untuk memastikan benar bocor atau tidak harus memakai alat atau dibongkar,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X