Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren SUV Kecil, Nissan Magnite Resmi Meluncur

Kompas.com - 22/10/2020, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sempat bocor lewat foto-foto spyshot yang tersebar sebelum peluncuran, Nissan Magnite akhirnya resmi melakukan world premiere. Secara tampilan, menariknya wujud asli mobil ini tidak jauh berbeda dengan versi konsepnya.

Dalam rilis resmi Nissan Global, Magnite akan menggunakan mesin 1.000 cc turbo. Tenaga yang dihasilkan belum disebutkan, namun kemungkinan besar SUV kecil ini akan mengusung mesin HR10 yang juga dipakai model Nissan lain dengan tenaga sekitar 100 tk.

Mesin ini dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Di samping itu, tersedia juga mesin 1.000 cc N/A dengan transmisi manual 5-percepatan atau AMT.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Tampilang belakang Nissan MagniteNissan Global Tampilang belakang Nissan Magnite

Dari eksterior, Magnite mengusung desain yang identik dengan tampilan Datsun. Identitas ini kental dengan desain gril berukuran besar sebagai pusat perhatian wajahnya.

Namun mobil ini terasa lebih mewah berkat headlamp bi-LED projector, DRL dan foglamp juga sudah LED.

Pelek menggunakan motif dual tone berukuran 16 inci, kemudian tersemat juga roof rail, dan overfender hitam di sekujur bodi.

Interior Magnite juga terkesan sederhana seperti desain Datsun, namun memang membawa aura yang lebih sporty. Selain itu, kalau dilihat-lihat desainnya mirip juga dengan kepunyaan Renault Triber.

Baca juga: Meluncur Minggu Depan, Begini Wujud Isuzu MU-X Generasi Baru

Tampilan interior Nissan MagniteNissan Global Tampilan interior Nissan Magnite

Di bagian tengah terdapat layar instrument full digital TFT berukuran 7 inci yang memiliki fitur TPMS, support Android Auto/Apple Carplay, cruise control, engine start/stop button, auto AC, wireless charging, dan kamera 360 derajat.

Tak ketinggalan kisi AC untuk penumpang belakang, armrest kursi belakang, dual airbag, ABS dan EBD, stability control, traction control, hill start assist, dan jok ISOFIX.

Belum ada kabar soal harga jualnya, namun pesaing Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ini digadang-gadang akan masuk Indonesia pada 2021.

Selain dua model itu, segmen SUV kecil tampaknya bakal ramai dengan kedatangan Magnite, Kia Sonet, serta Hyundai Venue suatu saat nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com