Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dampak Buruk Jika Mobil Mesin Diesel Diisi Bahan Bakar Bensin

Kompas.com - 21/10/2020, 19:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski jarang terjadi, kesalahan dalam pengisian bahan bakar minyak (BBM) pada mobil bisa saja terjadi. Entah karena pengemudi kurang konsentrasi atau bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

Misalkan mobil dengan mesin diesel diisi menggunakan jenis bensin bukan solar. Kesalahan dalam pengisian ini tentunya termasuk fatal.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, mesin diesel tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin, maka tidak boleh salah sampai menggunakan bahan bakar.

Baca juga: Antisipasi Liburan Panjang, Sejumlah Rekayasa Lalu Lintas Disiapkan

“Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin dimana untuk proses pembakarannya digunakan busi (sparkplug). Sedangkan mesin diesel, cara kerjanya adalah dengan melakukan kompresi terhadap udara, selanjutnya udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi dipicu pembakaran dengan solar,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Tutup tangki mobil mesin dieselSapta Agung Nugraha Auto2000 Tutup tangki mobil mesin diesel

Sapta melanjutkan, apabila salah mengisi maka mesin tidak bisa bekerja (mogok) dan harus dikuras tangki bahan bakar termasuk saluran-salurannya.

Komponen penting pada mobil diesel seperti injection pump (bosh pomp) dan nozzle juga pasti alami kerusakan, bahkan harus dilakukan penggantian yang baru jika memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Sebab kedua komponen tersebut berputar dan beregerak dengan mengandalkan pelumas yang terkandung dalam solar.

Baca juga: Stoner Sedih Melihat Penampilan Rossi Saat Ini

“Kalo sudah mogok, mobil harus segera diderek ke bengkel untuk dibersihkan saluran bahan bakar termasuk kuras tangki,” katanya.

Sapta juga mengingatkan, pada saat mengisi bbm di bagian tutup bahan bakar terdapat tulisan jenis bahan bakar yang harus digunakan, sehingga bisa pemilik kendaraan tidak salah isi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com