Begini Cara Benar Mengeringkan Busa Helm yang Basah Kehujanan

Kompas.com - 21/10/2020, 15:41 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras mulai sering membasahi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak jarang kondisi tersebut membuat helm jadi basah sampai ke bagian busanya.

Busa helm yang basah karena kehujanan sebaiknya jangam didiamkan atau dibiarkan terlalu lama. Apalagi, hingga busa helm mengering dengan sendirinya.

Baca juga: Jangan Sembarang Pasang Spoiler Tambahan di Helm, Berbahaya!

Irwansyah, Technical Support Helm Nolan dari DeRide Store, mengatakan, jika busa helm yang basah didiamkan, bagian busa tersebut bisa timbul putih-putih alias jamur. Bakteri yang ada juga membuat helm menjadi bau.

Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.

"Dijemur saja, tapi jangan lupa kondisi interior harus dilepas dari helm," ujar Irwansyah, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah, juga mengatakan hal yang senada. Menurutnya, busa helm sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dijemur.

Baca juga: Cara Menjaga Cat Helm Tetap Kinclong

"Rendam dulu dengan air panas, kira-kira 70-80 derajat Celcius. Gunakan sabun yang tidak mengandung deterjen, seperti sabun cair untuk kain batik lebih aman. Kucek perlahan, dan bilas dengan air mengalir," kata Tugimin.

Busa helm termasuk bagian yang vital. Bagian ini menunjang kenyamanan kepala saat dipakai berkendara. Untuk itu, penting untuk melakukan perawatan yang benar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X